ZA, Penyerang Mabes Polri Diduga Dapat Pengetahuan dari Internet

JAKARTA – Polri menduga pelaku terorisme berinisial ZA merupakan lone wolf atau menginisiasi sendiri untuk melakukan serangan teror ke Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (31/3) kemarin. Saat memasuki lingkungan Mabes Polri, ZA datang seperti masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

’’Dia (ZA) datang seperti masyarakat yang membutuhkan pelayanan Polri,’’ kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rudi Hartono di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (1/4).

Rusdi menyampaikan, ZA merupakan pelaku lone wolf yang mencari informasi melalui internet. Dia diduga belajar ideologi radikalisme yang terafiliasi ISIS dari media sosial.

’’Lone wolf itu inisiasi sendiri dan melakukannya sendiri. Mereka mendapat itu semua, sekarang ini kan internet luar biasa. Apapun dari internet dari media sosial semua bisa dia dapatkan,’’ ujar Rusdi.

Meski diduga lone wolf, Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror akan mendalami jaringan dari ZA. Karena diduga ZA merupakan kelompok dari Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

’’Sekali lagi, Densus mendalami proses tersebut,’’ tegas Rusdi.

Sebagaimana diketahui, Mabes Polri diserang pelaku terorisme berinisial ZA pada Rabu (31/3) sekitar pukul 16.30 WIB. Perempuan berusia 25 tahun itu tewas tertembak saat memasuki Kompleks Mabes Polri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, pelaku teroris penyerang Mabes Polri berinisial ZA. Listyo menyebut, saat melancarkan aksinya pelaku hanya seorang diri atau lone wolf. Perempuan kelahiran 14 September 1995 itu juga berdasarkan hasil pendalaman, berideologi radikal ISIS. Hal ini setelah Polri menelusuri identitas pelaku.

’’Berdasarkan indentifikasi sidik jari dan ternyata identitasnya sesuai, kemudian hasil profiling yang bersangkutan, maka yang bersangkutan adalah tersangka. Pelaku lown wolf yang berideologi radikal ISIS, dibuktikan dari postingan yang bersangkutan di sosial media,’’ tandas Listyo dalam konferensi pers di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (31/3) malam. (jawapos.com)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan