Partisipasi Vaksinasi Kelompok Lansia Terdata Paling Rendah

JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sisi Nadia Tarmizi sangat menyayangkan dengan rendahnya partisipasi warga di atas 60 tahun atau lansia terkait keikutsertaan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan catatan Kemenkes per Selasa (30/3) pukul 12.00 WIB vaksinasi terhadap lansia baru dilakukan terhadap sekitar 1,5 juta orang.

Angka itu hanya 7,6 persen dari target vaksinasi yang seharusnya dilakukan kepada kelompok lansia sebanyak 21 juta orang.

“Kita lihat bahwa, tingkat kematian karena Covid-19 pada lansia di atas 60 tahun tiga kali lebih tinggi. Tapi disayangkan partisipasi lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 sangat rendah bahkan paling rendah dibanding dua kelompok prioritas lain yang menerima vaksin yakni tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik” kata Nadia di Jakarta, (31/3/2021).

Nadia berharap, masyarakat bisa terlibat aktif dalam proses vaksinasi kepada lansia. Pihaknya meminta, masyarakat agar dapat mengajak keluarga, tetangga, kerabat mereka yang masuk kelompok lansia untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Mungkin, rendahnya jumlah vaksinasi lansia karena informasi atau sosialisasi bahkan juga proses-proses registrasi pendaftaran yang kita lakukan secara elektronik ini tidak diketahui usia di atas 60 tahun,” pungkasnya. (fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan