Pemkot Cimahi Larang Warganya Mudik

CIMAHI – Pemerintah pusat resmi melarang mudik lebaran tahun ini. Larangan itu berlalu 6-17 Mei 2021. Kebijakan ini yang kedua kalinya diputuskan pemerintah di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Larangan untuk mudik tersebut diputuskan pemerintah setelah melaksanakan rapat tingkat menteri yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan lembaga terkait lainnya.

Menyikapi kebijakan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mengaku bakal mengikuti keputusan dari pemerintah pusat untuk turut melarang warganya melaksanakan mudik pada hari raya Idul Fitri atau lebaran 2021 mendatang.

“Pemerintah Kota Cimahi mengikuti keputusan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Warga supaya menahan diri untuk tidak mudik,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana kepada wartawan, Senin (29/3).

Bukan hanya melarang warganya keluar dari Kota Cimahi, Ngatiyana juga meminta agar warganya yang sedang merantau di luar daerah untuk tidak mudik dulu ke Kota Cimahi.

“Termasuk kita juga membatasi warga yang akan masuk ke Cimahi. Jadi yang mau keluar dan masuk Cimahi akan kita batasi,” tegasnya.

Ngatiyana menegaskan, aturan tersebut juga berlaku bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cimahi. “Termasuk PNS juga tidak diizinkan. Apalagi mereka kan harus ikuti aturan pemerintah daerah,” terangnya.

Biasanya Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) rutin menyiapkan beberapa unit bus untuk mengangkut pemudik yang difasilitasi oleh program mudik gratis.

“Tapi sekarang sepertinya tidak, karena kan pemerintah pusat melarang mudik. Kalau memang nanti ada perubahan dan diperbolehkan, ya bisa saja kita siapkan sejumlah armada bus,” katanya.

Untuk melepas rindu dan bermaaf-maafan dengan kerabat di luar kota pada lebaran nanti dirinya mengatakan jika hal tersebut bisa dilakukan secara virtual.

“Kalau silaturahmi bisa secara virtual ya, yang punya ponsel dan sebagainya bisa hubungi kerabatnya. Sekarang kita tahan dulu (mudik, red), berdoa bersama agar pandemi Covid-19 segera selesai,” tandasnya. (fer)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan