Asik, Diskominfo Kota Bandung Sediakan WiFi Gratis di Tiap Kelurahan

BANDUNG – Terbaru, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung akhirnya menyediakan Wi-Fi bebas akses yang tersebar di 302 RW dalam 151 kelurahan. Meski begitu  Kabid infrastruktur Diskominfo Mahyudin mengatakan bahwa untuk pemilihan RW yang akan dipasang WiFi tersebut bukanlah wewenang diskominfo.

“Untuk RW mana yang dipasang WiFi tersebut pihak kelurahan yang mengajukan. Hal itu setelah kami beri surat edaran kepada Camat dan Lurah. Lalu mereka yang mengusulkannya,” ujar Mahyudin di taman Dewi Sartika, Balaikota Bandung pada Selasa(30/3/2021)..

Menurut Mahyudin, lokasi yang akan dipasang WiFi tersebut nantinya berada di balai RW dan bukan di fasilitas pribadi mereka. Lanjut Mahyudin, pemasangan WiFi tersebut hanya akan dipasang di dua RW dalam setiap kelurahan. Pihaknya mengakui Wifi tersebut nantinya memiliki daya unduh sebesar 20mbps dengan daya tampung 50 pengguna.

“Kita mau semua RW itu ada, tapi karena terkendala anggaran yang ada jadi tidak mungkin untuk memasang di tiap RW tiap kelurahan di Kota Bandung yang jumlahnya sekitar 1500-an dan nantinya WiFi tersebut ada yang free akses maksudnya bisa langsung terhubung begitunya dan ada juga yang ter-password. Untuk password nya itu adalah diskominfobdg. Ini memang ditujukan kepada publik yang membutuhkan” bebernya.

Ia melanjutkan nantinya pemasangan WiFi tersebut akan ditambah di sejumlah titip di Kota Bandung. Tetapi hal itu masih menunggu anggaran insentif.

“Wacana kedepan itu ada Dana Insentif Daerah (DID) akan ditambah 82 titik, dalam rangka mendukung pak walkot di di working space dan buruan Sae di tahun ini,” pungkasnya. Mg1

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan