DLHK KBB Gencarkan Sosialisasi Peduli Sampah dangan Cara Memilah

BANDUNG– Permasalahan sampah semakin dinamis dari waktu ke waktu, setiap hari volumenya pun semakin besar. Berdasarkan data sumber timbunan sampah 2018 yang diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, rumah tangga menjadi penyumbang sampah terbesar sebanyak 62 persen.

Seharusnya jika dimanfaatkan dengan baik, sampah bisa menjadi salah satu potensi ekonomi bagi masyarakat. Hal ini perlu mendapatkan perhatian serius, tidak hanya oleh pemerintah namun juga seluruh lapisan masyarakat.

Penyelesaian perlu dilakukan secara terpadu dan sistematik oleh semua pemangku kepentingan dengan didasari pada kesadaran, kepedulian, dan partisipasi besar masyarakat. Pemerintah pusat maupun daerah sudah membuat aturan terkait pengelolaan sampah demi menekan pertumbuhan sampah setiap tahunnya.

Rendahnya kepedulian dan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah, mengakibatkan banyaknya kerugian sebagai dampak dari pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya. Salah satu tempat yang sering menjadi sasaran lokasi pembuangan sampah oleh masyarakat yang kurang bertanggung jawab adalah sungai.

(Ki-ka)
Tampak dalam gambar: Le Minerale bekerjasama sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan program “Sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bandung Barat” dengan membersihkan area sekitar Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Hadir dalam acara ini Camat Batujajar Deden Mulyadi, S.Sos, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan, Area Sales Promotion Manager Jawa Barat PT Tirta Fresindo Jaya Tjep Andri, Komandan Sektor 9 Citarum Harum Kolonel Czi Raflan, S.I.P.,M.M dan pihak terkait lainnya. Senin (29/03)

Untuk itu, edukasi mengenai permasalahan sampah harus terus dilakukan, karena sampah tidak hanya mencemari sungai tapi juga mengakibatkan banjir, salah satunya adalah penumpukan sampah di bantaran sungai. Bentuk edukasi yang bisa dilakukan di tingkat keluarga adalah bagaimana cara untuk memilah sampah yang baik dari rumah masing-masing, sehingga hal ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, termasuk di area aliran sungai.

Sebagai perusahaan nasional, Le Minerale berkomitmen menjadi salah satu perusahaan AMDK yang terdepan dalam mendukung inisiatif-inisiatif demi menjaga kelestarian lingkungan. Bekerjasama sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melaksanakan program “Sosialisasi peduli sampah dan edukasi pilah sampah bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Bandung Barat” dengan membersihkan area sekitar Sungai Citarum, Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Senin (29/3).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan