Jika Semakin Parah, Pasien Covid-19 Bisa Mengalami Gangguan Ginjal Akut

Sebuah makalah ulasan baru-baru ini bertentangan dengan temuan ini, mencatat bahwa sekitar 10 persen orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 mengalami AKI. Namun, beberapa penelitian lain melaporkan angka yang jauh lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian dari September 2020, 81 persen pasien yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) untuk Covid-19 mengalami AKI.

Sebagai perbandingan, selama epidemi SARS 2003, penelitian menunjukkan bahwa diperkirakan 6,7 persen orang dengan diagnosis SARS mengalami AKI. Selain itu, dokter mendiagnosis AKI sebagai komplikasi pada 91,7 persen kasus fatal.

Beberapa faktor bisa menjadi pemicu. Misalnya, usia. Dalam analisis subkelompok baru-baru ini yang melibatkan orang dengan Covid-19, AKI memengaruhi sekitar 12 persen orang di subkelompok dengan usia rata-rata di atas 60 tahun. Sebaliknya, hanya terjadi sekitar 6 persen orang dalam subkelompok dengan usia rata-rata di bawah 60 tahun. Orang dengan penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya atau penyakit kronis lainnya, seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas, juga lebih mungkin mengalami Covid-19 dan mengalami gejala yang parah. (jawapos)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan