Vaksinasi untuk Orang dengan Komorbid Perlu Rekomendasi Dokter, Kata IDI

JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis mengemukakan calon peserta vaksinasi dengankomorbid untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum hari penyuntikan.

“Komorbid harus dipastikan terkontrol saat akan disuntik karena pada dasarnya vaksinasi itu diberikan kepada orang yang sedang dalam kondisi sehat,”katanya saat menjadi pembicara pada webinar bertajuk “Mengenal Risiko COVID-19 dan Rehabilitasi Medik Bagi Penyintas”, Sabtu, (27/3).

Ia menjelaskan, pada masa-masa awal vaksinasi, memang banyak item komorbid yang tidak dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi.

“Namun rekomendasinya terus diperbarui. Seperti untuk komorbid diabetes yang sampai mengalami empat kali perubahan. Kini calon peserta dengan komorbid diabetes, sudah diperbolehkan mendapatkan vaksinasi. Dengan catatan gula darahnya terkontrol dalam sebulan terakhir sebelum vaksinasi,” kata Iris.

 

Terkait: Vaksin Sinovac Dinilai Aman Untuk Anak-anak

 

Demikian pula bagi calon peserta dengan komorbid hipertensi, tensinya harus terkontrol saat akan mendapatkan vaksinasi.

“Untuk memastikan kondisi tubuh memang siap untuk divaksinasi, maka dianjurkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sebab tidak semua komorbid bisa disamakan kasusnya. Beda pasien tentu beda penanganan dan beda kondisinya, sehingga dokter bersangkutan yang akan lebih paham,” katanya.

 

Konsultasi dengan Dokter Mempercepat Jalannya Vaksinasi

Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, kata Iris, dapat mempercepat jalannya proses vaksinasi.

“Sedangkan yang terjadi sejauh ini, banyak yang tertahan di meja resgistrasi kedua. Akhirnya tidak mendapat persetujuan untuk lanjut vaksinasi karena kondisi kesehatan yang dinyatakan tidak aman. Jika ini bisa diketahui lebih awal dengan berkonsultasi pada dokter, tentu risiko terpapar karena harus mengantre vaksinasi bersama calon peserta lain bisa diantisipasi,” katanya.

Vaksinasi Bisa Dilakukan Di Masjid

Calon peserta vaksin juga perlu mempersiapkan diri dengan cukup istirahat, cukup makan, cukup vitamin, dan asupan obat yang penerapannya sesuai anjuran dokter.

Iris mengatakan, hal yang sama juga perlu bagi calon peserta vaksinasi yang memiliki riwayat risiko pengentalan darah. Mereka perlu lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengikuti vaksinasi.

“Memang kasus pengentalan darah pada peserta vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca di Inggris sudah dipastikan tidak dipicu oleh vaksin. Namun akan lebih baik jika hal-hal yang dapat mencetuskan terjadinya pengentalan darah bisa dihindari. Karenanya, berkonsultasi pada dokter dulu akan lebih baik,”ujarnya. (antaranews)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan