Jelang Wacana Pembelajaran Tatap Muka, FGD Akan Digelar Kembali

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung terus melakukan persiapan terkait wacana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan digelar pada Juli mendatang. Nantinya, Pemkot Bandung juga berencana akan kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) untuk meminta pandangan dari berbagai pihak sebelum menggelar PTM.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melaksanakan simulasi sebagai upaya persiapan PTM. Di samping itu, pihaknya juga akan mengundang berbagai pihak untuk membahas opsi penyelenggaraan PTM.

“Dalam waktu dekat, kita akan mengundang bukan hanya Disdik tetapi semua pemangku kepentingan stakeholder pendidikan akan kita undang, supaya dari Fagi bagaimana Portusis bagaimana, dari komunitas pendidikan lain seperti apa, kita harus komprehensif juga tidak bisa hanya versi Kadisdik saja,” ungkap Ema kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jumat (26/3).

Ia menuturkan, pertemuan dengan berbagai pihak tersebut akan dibuat dengan konsep FGD. Nantinya, hasil FGD akan dijadikan dasar untuk Pemkot Bandung membuat keputusan pelaksanaan PTM awal tahun ajaran baru.

“Kita akan bicara, kita FGD kita minta ekspose mereka seperti apa, dan kita dengar pendapat mereka seperti apa, kan semua punya pandangan, apakah pandangan untuk segera merealisasikan atau pandangan kekhawatiran kan bisa saja terjadi, Nah itu yang akan kita jadikan pertimbangan dan kebijakan untuk pimpinan,” ucapnya.

Lebih lanjut Ema menambahkan, saat ini Pemkot Bandung sedang berupaya melakukan vaksinasi secara masif. Terkait persiapan pelaksanaan PTM, pihaknya terus mendorong agar para tenaga pengajar di Kota Bandung mendapat vaksin Covid-19 pada tahap dua ini.

‎”Termasuk nanti ke depan para pengajar sedang terus kita rancang supaya jadi prioritas. Kita nanti antisipasi saja, kalau nanti memang ada kebijakan lanjutan PTM harus dilakukan artinya kan kita sudah melakukan persiapan persiapan yang komprehensif,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah menggelar FGD terkait kebijakan PTM yang semula direncanakan akan berlangsung sejak Januari lalu. Disdik Kota Bandung menolak Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka pada awal tahun 2021.

Keputusan tersebut diambil setelah menggelar FGD yang dihadiri oleh para akedemisi, praktisi pendidikan, serta organisasi profesi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan