Luncurkan EDJ, Jawa Barat Siap Jadi Penggunaan Data Spasial Terbaik

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan informasi terbaik bagi masyarakatnya. Kali ini Pemprov Jabar meluncurkan portal Ekosistem Data Jabar (EDJ) sebagai sarana pengumpulan informasi yang terintegrasi untuk pencarian data-data yang dapat diakses seluruh masyarakat.

Masyarakat nantinya dapat mengetahui data apa saja yang terdapat dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang lingkup Pemprov Jabar. Mengenai hal ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut gembira dengan terealisasikannya hal ini.

“Alhamdulillah sebuah cita-cita yang sangat kami tunggu-tunggu bisa kita hadirkan dikesempatan, yaitu hadirnya Ekosistem Data Jabar secara komprehensif, secara lengkap,” ujarnya saat meresmikan portal EDJ, Kamis (25/3).

Pria yang juga akrab disapa Kang Emil, mengharapkan dengan adanya portal EDJ ini dapat membuat Jawa Barat sebagai yang terdepan dalam menyajikan data-data yang bersifat spasial.

“Mengkonversi infografis dari data-data statistik yang sifatnya tekstual menjadi data-data yang sifatnya spasial, saya kira kita harus jadi yang terdepan dalam penggunaan data spasial,” tambah Kang Emil.

Dengan adanya portal Ekosistem Data Jabar, data-data dari seluruh OPD di ruang lingkup pemerintahan Jawa Barat akan dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar agar tekonsep dalam satu kualitas yang baik.

“Saya titip nanti ke dinas-dinas nanti saya perkuat juga agar semua wajib menyetor data ke Diskominfo untuk diolah menjadi satu bahasa satu visual kualiti yang memadai, dengan begitu kita akan yang terdepan dalam urusan data,” lanjutnya.

Ridwan Kamil juga berterima kasih atas seluruh kerja sama semua pihak sehingga portal EDJ dapat terlaksana dengan baik.

” Mudah-mudahan ini berhasil terima kasih untuk kawan-kawan di Jabar Digital Service juga yang selalu terdepan, ini bukan kerja superman tapi ini kerja super team, kerja semua pihak yang berkeringat menghasilkan hal-hal yang luar biasa,” pungkas gubernur. (MG7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan