Frets Selamatkan “Wajah” Persib

SLEMAN – Aksi Maung Bandung dalam laga perdana Piala Menpora kurang memuaskan. Hal itu dikarenakan klub kebanggan warga Jabar ini harus berbagi angka satu poin dengan lawannya Bali United dalam pertandingan pertama Grup D di Stadion Maguwoharjo Sleman Rabu (24/3/2021) malam.

Gol Willian Pacheco di awal babak kedua buat Persib tertinggal. Namun justru keunggulan jumlah pemain–setelah Andhika Wijaya di kartu merah–bisa dimanfaatkan. Adalah Frets Butuan orang yang merobek jala gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan, menyamakan angka pada menit akhir.

Babak pertama, Persib menurunkan materi pemain utama di starting eleven, pemain muda Beckham Putra disisipkan di dalamnya. Baik Persib dan Bali United sama-sama memperagakan sepakbola ofensif.

Bali sedikit unggul dengan efektivitas serangan, bola-bola yang diarahkan ke dua sisi sayap yang diisi Stefano Lilipaly dan Fahmi Al Ayubi cukup merepotkan pertahanan Persib. Pada 10 menit awal dua center back Persib sudah mendapat kartu kuning dari wasit Yeni Krisdianto.

Penguasaan bola Persib terlihat gagap, beberapa keraguan membuat mereka kerap salah melakukan passing, kehilangan bola. Mengandalkan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak, bola-bola crossing di udara tak tepat, karena sering dipatahkan dengan mudah Willian Pacheco dan Haudi Abdillah.

Jelang waterbreak Bali United mendapat peluang di dalam kotak penalti ketika Fahmi lepas dari kawalan, beruntung tendangannya masih tak tepat sasaran. Menit 35 Stefano Lilipaly mencoba mengeksekusi bola mati di depan kotak penalti, tendangannya masih mengena pagar betis, bola lalu diamankan I Made Wirawan.

Pelatih Robert Alberts ingin memanfaatkan jumlah pemain, ia segera memasukkan penyerang asing asal Brasil Wander Luiz dan Abdul Aziz guna mengganti Ferdinand Sinaga dan Beckham Putra. Performa Febri yang di bawah standar juga menyusul ditukar Erwin Ramdani lalu Jupe masuk ganti Dado.

Di 15 menit tersisa Persib coba mengerahkan segala yang ada dengan meningkatkan intensitas serangan. Umpan sepak pojok Erwin Ramdani berbuah kemelut, Jupe yang mendapat bola liar coba ia arahkan ke ujung gawang namun ada Esteban Vizcarra rupanya dalam kawalan yang memantulkan bola untuk Frets Butuan. Tanpa ampun Frets menyambar bola merobek gawang Bali United, 1-1, Persib menyamakan angka, sekaligus skor tersebut bertahan hingga usai. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan