Musim Penghujan Masih Tinggi, Harga Cabai Rawit Tembus Rp 120 Ribu

SOREANG – Harga cabai rawit merah di sejumlah wilayah di Jawa Barat mengalami kenaikan, hal tersebut pun berlaku di setiap pasar yang ada di Kabupaten Bandung, harga cabe rawit berkisar Rp 120 hingga Rp 130 ribu/kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Marlan membenarkan bahwa harga cabai rawit merah mengalami kenaikan atau jadi lebih mahal. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan pasokan berkurang, namun justru permintaan cabai rawit merah banyak.

“Biasanya harga akan naik kalau polanya seperti itu. Kurang pasokan itu kenapa, kalau tidak salah cabai ini mahal karena ada gagal panen terkait cuaca,” kata Marlan saat wawancara melalui telepon seluler, Rabu (24/3).

Dikatakan Marlan, jelang ramadhan, permintaan untuk pemenuhan kebutuhan cabai rawit merah itu pasti meningkat. Oleh karenanya, jika pasokannya kurang, maka otomatis larinya ke harga. Meski harganya cukup tinggi, masih ada saja yang membelinya.

“Kalau stok di pasar mah ada, cuman harganya saja (naik, red). Ya kalau orang butuh, mah pasti beli aja,” kata Marlan.

Upaya untuk menanggulangi kenaikan harga cabai rawit merah ini tidak bisa ditanggulangi dengan program Operasi Pasar Murah (OPM), berbeda dengan daging, telur, beras, dan minyak.

Marlan menuturkan bahwa harga cabai rawit merah akan kembali turun dengan sendirinya, apabila permintaan berkurang, atau jika sedang ada panen raya cabai rawit merah.

“Ya terima saja kenaikan harga cabai, karena itu kan berkaitan dengan pasokan kurang. Sehingga itu berlaku hukum pasar, hukum ekonomi, kalau tidak ada keseimbangan antara supply dan demand, pasti persoalannya ke harga,” paparnya.

Menurut pantauan, berdasarkan data dari Disperindag Kabupaten Bandung, yaitu di Pasar Baleendah harga cabai rawit merah mencapai Rp 110 ribu cabai rawit merah per kilogram.

Kemudian di Pasar Majalaya, Pasar Cicalengka, Pasar Soreang, Pasar Sayati, Pasar Margahayu harga cabai rawit merah mencapai Rp 120 ribu cabai rawit merah per kilogram, sementara di Pasar Cileunyi harga cabai rawit merah mencapai Rp 130 ribu cabai rawit merah per kilogram. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan