Atasi Angka Pengangguran, Pemkot Cimahi Optimalkan Aplikasi Silima

CIMAHI – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bakal mengoptimalkan sistem pencari kerja berbasis daring atau online. Upaya tersebut dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Cimahi.

Upaya tersebut dilakukan melalui sistem bernama Sistem Informasi Link and Match (Silima). Aplikasi Silima ini mulai disosialisaikan kepada masyarakat pencari kerja.

Rencananya sosialisasi ini akan dilaksanakan secara bertahap selama 9 bulan bagi para pencari kerja di seluruh kelurahan di Kota Cimahi, dari mulai Maret hingga November 2021.

Sosialisasi perdana dilakukan terhadap masyarakat pencari kerja di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan yang berlangsung di Gedung Cimahi Technopark Jalan Baros, Selasa (16/3),

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyampaikan, Cimahi termasuk kota yang memiliki Tingkat Pertumbuhan Angkatan Kerja (TPAK) yang sangat besar, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini di mana banyak pekerja yang dirumahkan, dan bahkan sampai kehilangan pekerjaannya.

Disaat yang sama, masyarakat pencari kerja Kota Cimahi juga dihadapkan dengan persaingan tenaga kerja dari luar, yang sudah bersertifikasi dan siap dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia industri.

“Di samping itu, para pencari kerja di Kota Cimahi juga dihadapkan dengan beberapa permasalahan lainnya, yaitu belum sesuainya skill atau kompetensi para pencari kerja dengan kebutuhan pasar kerja, terbatasnya lapangan kerja karena banyaknya perusahaan yang mengurangi kegiatan operasionalnya selama masa pandemi, serta kurangnya informasi pasar kerja,” beber Ngatiyana.

Jumlah pengangguran di Kota Cimahi mencapai 39.436 orang atau 13,30 persen. Jumlah tersebut melonjak dari tahun sebelumnya yang hanya yang hanya 8,08 persen atau sekitar 23.960 orang.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat itu menjadikan Kota Cimahi menempati urutan kedua angka pengangguran tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Untuk menyikapi perkembangan kondisi tersebut, maka diperlukan kebijakan strategis untuk menyediakan data tentang ketenagakerjaan yang akurat dan aktual.

Atas dasar itulah, pihaknya menyambut baik inisiasi dari Disnaker Kota Cimahi yang telah meluncurkan Silima, yang ditujukan untuk menjembatani kelima pilar ketenagakerjaan yaitu pencari kerja, perusahaan, pemerintah, lembaga pelatihan kerja (LPK), dan bursa kerja khusus (BKK), agar dapat mengatasi berbagai permasalahan di atas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan