Menakjubkan! Siput Laut Ternyata Bisa Potong Kepala Sendiri

JABAREKPRES – Mahluk hidup memiliki cara regenerasi berdasarkan kemampuannya. Namun, pada Siput Laut ternyata memiliki kemampuan regenerasi yang tidak lajim dengan cara memenggal kepalanya sendiri.

Seperti yang dilansir, dala makalah penelitian di Current Biology siput laut ternyata mampu memenggal Sendiri kepalanya untuk bertahan hidup lama.

kemampuan regenerasi yang tidak lajim ini disebut sebagai fenomona luar biasa. Sebab, cara regenerasi seperti itu sangat mustahil dilakukan mahluk hidup manapun. Apalagi pada manusia.

Hewan siput laut dari jenis spesies  sakoglossan ini memiliki kemampuan luar biasa karena kondisi habitatnya yang ekstrim.

Hewan siput laut yang bisa melakukan ini ditemukan ada dua spesies yaitu: Elysia lih. marginata dan E. atroviridis. Keduanya memiliki kemampuan memenggal kepalanya sendiri, dan kemudian tumbuh kembali dari leher sampai bawah untuk membentuk organ fungsional.

’’Ini bukan taktik reproduksi – tubuh yang dibuang akhirnya mati, seperti pada kadal dan cicak, siput ini masih tetap hidup,”jelas ahli biologi Sayaka Mitoh dan Yoichi Yusa dari Universitas Wanita Nara Jepang seperti yang dilansir di situs Sciencalert.com.

Menurutnya, dugaan terkuat kemampuan memenggal kepala adalah untuk menyingkirkan virus parasite yang menyerang tubuh siput itu.

’’Jika analisa ini benar, berarti teknik pengendalian parasit logam yang dilakukan hewan melata itu adalah paling dramatis yang pernah kami dengar,’’kata Sayaka Mitoh.

Penemuan itu, sebetulnya tidak disengaja. Waktu itu di labolatorium, Yusa bersama siswanya mempelajari siput laut untuk mengetahui siklus hidup hewan itu.

’’Suatu hari ketika dia melihat hewan yang telah diototomi; yaitu, menjatuhkan bagian tubuhnya, seperti kadal yang menjatuhkan ekornya, tapi ini yang dijatuhkan seluruh tubuh siput itu,’’ujar dia.

“Kami terkejut melihat kepala bergerak setelah autotomi,” katanya . “Kami mengira makhluk itu akan segera mati tanpa jantung dan organ penting lainnya, tetapi kami terkejut lagi menemukan bahwa ia meregenerasi seluruh tubuh,” seru Sayaka Mitoh.

Dalam beberapa jam setelah autotomi, kepala siput muda mulai tumbuh. Luka di leher sembuh dalam beberapa hari. Jantung mulai beregenerasi hanya dalam tiga minggu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan