Sebuah Eksplorasi di Tengah Pandemi, Kurator Hassan Pratama Membuat Pameran Bertema “Trees Of Life”

BANDUNG – Seni lukis bukan hanya sekedar konsumsi visual yang memperlihatkan sebuah keindahan tetapi dapat pula memberikan suatu pencerahan bagi yang mengerti maksud dari sebuah lukisan yang tampilkan.

Tepat di hari ulangtahunnya yang ke 57 pada tanggal 1 maret 2021, seorang Kurator Hassan Pratama membuat sebuah pameran lukisan yang diadakan di Babakan Siliwangi City Forest Jl. Tamansari No. 90 Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong dengan mengusung tema “Trees Of Life”. Pameran ini dimulai dari tanggal 1 maret – 13 maret 2021.

Meskipun ditengah pandemi COVID-19 ia tetap menjalankan pamerannya dengan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan bagi siapapun yang berkunjung untuk melihat pamerannya. Tema ini dibuat karena menurutnya pohon mempunyai arti penting dalam kehidupannya.

“Salah satunya saya ambil tema ini karena saya hidup dilindungi pohon-pohon, diam di tempat gedung mewah megah kalo tidak ada pohon tetap tidak akan nyaman karena salah satunya pohon merupakan sirkulasi udara untuk manusia untuk bisa hidup,” ujar Hassan Pratama saat diwawancarai di tempat pameran (8/3).

Lukisannya dipajang di alam terbuka, meskipun terkena hujan, Hassan mengatakan lukisannya tidak akan luntur. Setiap pelukis mempunyai trik sendiri dalam membuat sebuah lukisan, ia pun tidak memberitahu cat jenis apa yang digunakan supaya lukisan tersebut warnanya tidak luntur.

Pameran ini murni hasil lukisannya karya dari Hassan Pratama. Pada saat menyelenggarakan pameran, ia hanya ingin berekspresi saja dengan karya-karya. Namun ia juga mempersilahkan jika ada yang ingin membeli hasil dari lukisannya.

Biasanya yang membeli adalah para kurator juga. Harga lukisan yang paling murah di jual dari harga Rp. 5.000.000 sampai yang paling mahal yaitu Rp. 20.000.000. Nanti dari hasil jualannya lima puluh persen untuk seniman dan lima puluh persen ia berikan untuk sanggarnya. (MG8/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan