Bupati Purwakarta Anggarkan untuk Warga Terdampak Pergerakan Tanah Hanya Rp300 Juta Saja

PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 300 juta untuk memberikan bantuan kepada warga yang kena dampak pergerakan tanah di wilayah Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, dana itu sudah di ada di Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim).

Akan tetapi, jumlah (nominal-red) anggaran tersebut memang masih belum dapat mengakomodasi secara keseluruhan warga terdampak.

Untuk itu lanjut Anne, dia telah mengirimkan surat ke Kementerian Sosial (Kemensos) serta Provinsi Jawa Barat, untuk membantu rumah-rumah warga yang terdampak bencana pergerakan tanah tersebut, jelasnya.

“Kami terus berupaya, karena anggaran kami tak bisa memenuhi secara menyeluruh. Apalagi, sekarang kan dibatasi. Kami hanya dapat mendorong Rp 300 juta dan masih dibahas regulasinya,” kata Anne, Senin (8/3).

Dikatakan Anne, selain hal tersebut, terhadap upaya pemulihan bencana longsor di Kutamanah, Sukasari, pihaknya juga akan melakukan pemadatan jalan agar dapat dilalui secara representatif. Termasuk di wilayah Kecamatan Pondoksalam, imbuhnya.

“Kami sudah dapatkan assesment dari bidang jalan dan jembatan dari PU Bina Marga pusat, bahwa itu sangat rawan karena kondisi tanahnya memang gembur,” ucap Anne. (ron/yan)

Tinggalkan Balasan