Berkata Jujur Hingga Kematian, Ini Efek Tahapan Bagi Peminum Alkohol

JAKARTA – Sebenarnya saat mabuk hal yang paling ditakutkan bukanlah sakit kepala, mual muntah, dan badan lemas justru lebih khawatir dengan ucapan jujur saat mabuk saat dipengaruhi minuman beralkohol. Entah apa yang membuat seseorang berkata jujur saat mabuk. Namun, efek tersebut bisa menjadi bahan cemoohan dan penyesalan buat orang yang melakukannya. Nah, menurut dr. Devia Irine Putri, ada beberapa tahapan kondisi orang saat mabuk minuman beralkohol dan salahsatunyalah yang mengakibatkan pemabuk dapat berkata jujur, yaitu:

Tahapan Sober
Dalam kondisi ini, orang yang mengonsumsi alkohol masih sadar dan berinteraksi sebagaimana mestinya. Tahapan ini biasanya terjadi ketika anda baru meneguk gelas pertama, sehingga kadar alkohol dalam darah masih sangat sedikit.

Tahapan Euforia atau Tipsy
Di tahapan ini, kadar alkohol di dalam darah sudah mulai banyak, yaitu 0,03 hingga 0,12 persen. Meski respons motoriknya menurun, kepercayaan diri orang dengan kondisi tersebut akan meningkat.

Tahapan Excitement
Mabuk alkohol terjadi di tahapan excitement. Individu akan kehilangan kemampuan koordinasi, emosi menjadi tidak stabil, pandangan kabur, dan mengantuk.  Dalam kondisi ini, kadar alkohol di dalam darah telah mencapai 0,09 hingga 0,25 persen.

Tahapan Confusion
Peminum akan merasa bingung dengan kondisi yang dialami. Emosinya pun semakin meluap-luap.  Kondisi ini merupakan lanjutan dari tahap excitement, dengan kadar alkohol di dalam darah mencapai 0,18 hingga 0,30 persen.

Tahapan Stupor
Jika alkohol yang diminum berlebihan dan si orang itu memang tak kuat, kondisi fisik yang patut diwaspadai bisa saja muncul. Contohnya, warna kebiruan di bibir dan kuku, pucat, kejang, susah bernapas, bahkan pingsan.   Kalau sudah begini, orang yang mabuk harus segera mendapat pertolongan medis. Kadar alkohol di darahnya telah mencapai 0,25 hingga 0,40 persen.

Tahapan Koma
Efek alkohol yang terlalu banyak hingga mencapai 0,35 hingga 0,45 persen di dalam darah bisa membuat fungsi organ bermasalah.  Orang dengan kondisi ini akan mengalami koma dan rentan meninggal dunia.

Tahap Kematian 
Apabila kadar alkohol di dalam darah sudah lebih dari 0,45 persen, tubuh tidak bisa lagi menoleransinya. Orang yang mabuk itu bisa meninggal dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan