Wakil Ketua Komisi DPR RI: Jabar Infrastrukturnya Bagus, Pajaknya pun Mulai Naik

“Jadi mereka datang langsung membangun suatu industri yang lengkap, dan langsung ekspor. Kita akan dorong terus proyek ini apalagi tadi sempat dikatakan perusahaan Jepang dan Taiwan tertarik hingga Amazon juga akan bangun di sini. Ini adalah langkah yang besar dan harus kita wujudkan,” terang Fathan.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan realisasi investasi tahun 2020 di Jawa Barat mencapai Rp 120,4 triliun dan berada di peringkat pertama nasional.

Salah satu mega proyek investasi yang akan dibangun, yakni Kota Metropolitan ‘Rebana’ yang terdiri dari 13 kota baru dengan lahan seluas 43.913 HA. Keberadaan Rebana ini diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian Jawa Barat hingga 4 persen dari rata-rata.

“Salah satu upaya kami mendorong upaya pemulihan ekonomi adalah mengembangkan metropolitan baru di utara Jawa barat. Kami namakan Metropolitan Rebana. Ada 13 kota baru yang kami siapkan,” jelasnya.

Dijelaskannya, Patimban ini adalah mesin pertumbuhan Jawa Barat. Tanpa ada Rebana ini kami hanya bisa tumbuh dari rata-rata rutin 1 persen, tapi kalau dikasih mesin Rebana ini yang akan menghasilkan lima juta lapangan pekerjaan baru, kami bisa bonus hingga 4 persen.

Karenanya, Ridwan meminta dukungan DPR RI agar proyek Rebana ini dapat menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN). Sebab, setiap 1 persen pertumbuhan di Jawa Barat maka akan berpengaruh pada agregat pertumbuhan ekonomi nasional.

“Melalui PSN, diharapkan pemerintah pusat dapat memberikan dukungan untuk melengkapi infrastruktur yang belum tersedia, sehingga kawasan ini dapat tersinkronisasi dengan baik,” paparnya. (win)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan