Pemkot Bandung Mulai Vaksinasi Pedagang di Pusat Perbelanjaan

BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mulai melakukan penyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19 kepada para pelaku usaha dan pedagang di pusat perbelanjaan atau mal yang termasuk ke dalam kategori pelayanan publik.

Vaksinasi para pedagang di mal mulai dilakukan di 23 Paskal Shopping Centre, Pasir Kaliki, Kota Bandung. Terdapat beberapa lokasi mal lainnya yang akan menjadi target vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, vaksinasi yang dilakukan di mal merupakan upaya konkret dalam menjaga kedinamisan aktivitas perdagangan.

“Dan untuk mewujudkan masyarakat yang pulih ekonomi adalah dengan selalu taat dalam protokol kesehatan,” kata Elly di Kota Bandung, Rabu (3/3).

Dengan semakin banyaknya penerima vaksin Covid-19, kata Elly, maka kegiatan perdagangan di tengah masyarakat akan semakin sehat dan semakin produktif kembali guna memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, ada sekitar 200 orang yang melakukan vaksinasi di 23 Paskal Shopping Centre.

Selain para pedagang di pusat perbelanjaan itu, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan terhadap sejumlah kelompok pelayanan publik maupun lansia yang masih berjalan di berbagai fasilitas kesehatan.

“Harapannya seluruh pelaku kegiatan yang bersentuhan dengan masyarakat terutama yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi memiliki kekebalan sehingga juga menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat,” ujarnya.

Sejak Januari 2021, tercatat sebanyak 28.117 sumber daya manusia (SDM) kesehatan telah menerima vaksin Covid-19.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani, dari jumlah tersebut, hingga saat ini pihaknya belum menemukan gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berdampak negatif pada tubuh.

“Kita sudah menemukan 245 dengan gejala KIPI tapi semuanya alhamdulillaah ringan. Contoh ada gatal, bengkak, pusing. Tapi semuanya tertangani dengan beristirahat 30 menit,” kata Rosye.

Adapun vaksinasi Covid-19 tahap dua, Rosye menghimpun sebanyak 1.318 orang sudah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Para penerima vaksin ini terdiri dari pejabat pelayanan publik, akademisi, tokoh agama, lansia, dan pedagang pasar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan