Mau Dapat Pinjaman KUR dari BNI di Atas Rp 10 Juta Tanpa Agunan? Begini Caranya

JAKARTA –  Bagi masyarakat pelaku UMKM yang Belum pernah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR), kini Bank BNI telah membuka pendaftaran bagi siapa saja yang membutuhkan pinjaman itu.

Program KUR dari BNI baru saja dilaunching untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi nasional selama masa pandemi dengan total alokasi anggaran Rp 32 triliun. Jumlah tersebut meningkat 45,4% jika dibandingkan dengan kuota tahun 2020 sebesar Rp 22 triliun.

Kenaikan kuota ini juga sejalan dengan langkah pemerintah yang memutuskan penambahan plafon KUR kepada kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Total plafon KUR tahun 2021 mencapai Rp 253 triliun atau naik 15% dari anggaran tahun 2020 yakni Rp 220 triliun yang disalurkan bank pemerintah.

Untuk syarat pengajuan KUR yaitu :

a. Kriteria Debitur

  • Individu/perseorangan atau badan usaha dalam hal ini Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)
  • Anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga kerja Indonesia (TKI), TKI yang purna dari bekerja di luar negeri, dan pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), yang melakukan usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

b. Perizinan Usaha
Individu/perseorangan atau Badan usaha perorangan: minimal Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah dan/atau surat keterangan usaha dari Kelurahan setempat atau surat izin lainnya.
Badan usaha diluar butir a di atas mengacu ketentuan BNI.

c. Kualitas Kredit Bank (jika ada) adalah lancar.

d. Pengalaman usaha minimal 6 (enam) bulan.

e. Usia pemohon (khusus untuk pemohon individu/perserorangan) minimal 21 tahun atau belum berusia 21 tahun tetapi sudah menikah.

f. Tidak sedang menerima kredit produktif dari Perbankan dan/atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah (kecuali KUR).

g. NPWP: Tidak disyaratkan.

h. Jaminan: Tidak diwajibkan jaminan tambahan.*bbs

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan