Dua Orang TKI Asal Karawang yang Terpapar Varian Baru Covid-19 Sudah Dinyatakan Negatif, Masyarakat Diimbau Tidak Panik

KARAWANG – Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau masyarakat agar tidak panik atas kabar dua TKI asal Karawang yang terpapar COVID-19 varian baru B117 asal Inggris.

“Semuanya sudah tertangani, jadi masyarakat kami imbau tidak panik,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Karawang Fitra Hergyana, di Karawang, Rabu, (3/3).

Ia mengatakan, dua TKI berinisial M dan A, masing-masing berasal dari Kecamatan Lemahabang dan Kecamatan Pedes, Karawang.

Menurut dia, dua TKI itu kini telah negatif dan mendapatkan tindakan dari tim medis. Karena itu ia mengimbau masyarakat agar tidak perlu panik.

“Setelah kami menerima kabar temuan kasus COVID-19 B117 di wilayah Karawang, tim Dinkes Karawang, Dinkes Jabar dan Kemenkes langsung meneliti dan mencari informasi terkait varian baru virus tersebut dengan melakukan tracking dan testing kepada keluarga yang bersangkutan,” kata Fitra.

Menurutnya, Satgas Penanganan COVID-19 Karawang telah berkomunikasi dengan Menteri Kesehatan Budi Sadikin dan pejabat Dinkes Jabar. Arahannya, harus secepatnya lakukan tracking dan testing.

“Atas dasar itu, dua tim dari Dinkes Karawang, Dinkes Provinsi Jabar, dan Balitbang Kemenkes langsung bergerak. Untuk sampel langsung dilaksanakan whole genom sequencing di Kemenkes,” kata dia, dilansir dari Antara.

Fitra menyampaikan dua tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang yang terpapar virus COVID-19 varian baru B117 sudah pulang ke rumahnya setelah dinyatakan negatif.

Sebelumnya keduanya telah mendapat tindakan tes swab PCR dengan hasil positif. Kemudian melakukan isolasi di Jakarta.

“Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif dan sudah diizinkan pulang ke Karawang. Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil negatif,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan