Warga Khawatir dengan Maraknya Aksi Copet di Alun-alun Bandung

BANDUNG – Maraknya copet di kawasan Alun-alun Kota Bandung membuat sebagian warga merasa khawatir. Pasalnya, tindak kriminalitas yang satu ini kerap terjadi beberapa waktu terakhir.

Salah seorang warga yang tinggal di kawasan Alun-alun Bandung, tepatnya di Jalan Sasakgantung, Kecamatan Regol, Kota Bandung yang sempat menyaksikan video pencopetan merasa ngeri.

Siti Patimah berharap, perlu adanya penjagaan dari petugas pengamanan untuk menekan kasus pencopetan di pusat kota Bandung.

“Serem sih videonya jadi kaya ada bergerombol tiga orang mau copet gitu. Mending kalau jalan barengan, ini kalau yang sendiri. Apalagi khawatir kalau bawa senjata juga. Bagusnya ada petugas di situ, satpol. Namanya juga tempat publik,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, Senin (1/3).

Sebagai tindakan antisipasi, kata Siti, dirinya melakukan beberapa hal agar terhindar dari pencopet. “Biasanya jangan bawa barang berharga di saku celana atau baju, tas simpen di depan, jalannya barengan sama temen-temen,” sambungnya.

Senada dengan Siti, warga yang lain juga berharap adanya peningkatan keamanan di kawasan-kawasan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Keamanan harus lebih ditingkatkan, kan ada Satpol PP, lebih sering keliling. Atau enggak perbanyak cctv, karena meresahkan, karena yang dicopet katanya bukan satu dua,” ucap Tanti Sugiharti.

Ia yang juga sempat melihat video pencopetan merasa lebih waspada apabila bepergian, terlebih ke tempat ramai. Tak hanya itu, kata dia, adanya gerombilan orang yang menghampiri secara tiba-tiba juga patut diwaspadai.

“Pernah liat videonya (orang dicopet), saya lebih waspada, apalagi sama orang baru. Kaya bergerombol di videonya, mereka pura-pura nyenggol terus ngambil hp atau dompet,” ujarnya.

“Jangan lupa di manapun keamanan, tas simpen di depan. Dompet buat cowo jangan disimpen di saku belakang. Jangan pake perhiasan yang mencolok. Kalau di motor jangan main hp, lebih mudah buat copet ngambil, ngeri soalnya,” sambung Tanti.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung Rasdian Setiadi juga meminta pengunjung yang beraktivitas di kawasan Alun-Alun Bandung untuk waspada dan berhati-hati. Pasalnya, sering terjadi pencopetan di kawasan tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan