Selain Kopi, Ini Daftar Minuman Ampuh Penghilang Kantuk

JAKARTA – Siapa yang masih asing dengan kata kopi si penghilang rasa kantuk? Tentu semua orang sangat mengenal minuman ini apalagi bagi mereka yang sering mensenjatai diri melawan kantuk karena harus bekerja sepanjang hari. Sayangnya, kopi sering menimbulkan sejumlah efek samping diantaranya adalah peningkatan asam lambung, memicu refluks (GERD), hingga perubahan warna pada gigi.

Lantas, adakah alternatif lain bagi mereka yang ingin tetap terjaga saat bekerja tetapi ingin menghindari kopi? Berikut beberapa minuman penghilang ngantuk selain kopi yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Minuman Cokelat
Dalam secangkir minuman cokelat, terdapat kurang lebih 5 sampai 10 miligram kafein. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibanding kafein dalam kopi. Namun, kafein yang ada dalam minuman cokelat tetap mampu membuat Anda lebih terjaga dan segar kembali.

2. Minuman Berkarbonasi atau Soft Drink
Minuman yang mengandung karbonasi atau Soft drink bisa mencegah anda mengantuk. Namun anda perlu waspada, karena soft drink cenderung tinggi akan kandungan gula. Oleh sebab itu, sebaiknya anda memilih jenis soft drink dengan kandungan gula yang sedikit (low sugar) atau tanpa gula.

3. Teh Pekat
Teh juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan asupan kafein. Dalam secangkir teh, terdapat 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang serupa.  Perlu diingat, hindari penggunaan gula berlebihan saat Anda menyeduh teh. Jika ingin menambah pemanis, lebih baik menggunakan madu daripada gula pada umumnya.

4. Teh hijau
Minuman yang makin digemari ini mengandung 30 hingga 50 miligram kafein dalam satu cangkir.  Selain efek kafein yang membuat lebih semangat, teh hijau juga dapat meningkatkan mood sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan senang.

5. Minuman Berenergi
Dalam satu sediaan minuman berenergi, terdapat kafein sebanyak 50 hingga 160 miligram. Jumlah kafein yang cukup banyak ini membuat minuman berenergi sering dipilih oleh mereka yang harus kerja lembur.  Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering, ya. Pasalnya, terdapat beberapa kandungan di dalam minuman berenergi yang bisa berdampak buruk pada kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan