Selain Kopi, Ini Daftar Minuman Ampuh Penghilang Kantuk

6. Susu Cokelat
Susu cokelat juga termasuk sebagai minuman yang bisa menghilangkan ngantuk. Meski mengandung kafein yang relatif sedikit, jenis minuman tetap dapat membantu anda merasa lebih segar dan terjaga.

7. Milk Tea
Milk tea alias teh susu juga termasuk sebagai minuman penghilang ngantuk yang dapat Anda jadikan pilihan. Karena mengandung teh, jenis minuman ini juga memiliki kafein di dalamnya. Oleh karena itu, milk tea dapat membuat tubuh anda segar dan lebih terjaga.

8. Lemon Honey
Jenis minuman ini dapat mengusir rasa kantuk berkat kandungan kafein pada teh yang menjadi campurannya. Anda pun bisa merasakan manfaat kesegaran yang lebih, karena rasa lemon yang sedikit asam.

9. Kombucha
Kombucha adalah minuman yang terbuat dari fermentasi teh. Jenis minuman ini dapat bantu menyegarkan tubuh sekaligus mengusir kantuk berkat kandungan kafein, yang berpadu dengan L-theanin.

Mana minuman penghilang ngantuk selain kopi yang menjadi favorit Anda? Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya.  Faktanya, kafein yang berasal dari mana pun dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti gemetar, jantung berdebar, masalah tidur, migrain, dan sakit kepala. Kondisi tersebut khususnya terjadi jika Anda mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Nah untuk menghindari efek buruk tersebut, sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram dalam sehari. Jumlah tersebut setara dengan 2 hingga 4 cangkir kopi atau teh. Selain itu, imbangi juga dengan kebiasaan sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi buah dan sayur, serta minum air putih dalam jumlah cukup. Hal ini untuk menyeimbangkan efek dari minuman berkafein dalam tubuh. (klikdokter/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan