39 Warga Positif Covid-19, Satu RW Terapkan Lockdown

PARONGPONG – Sebanyak 39 orang warga Kampung Pangkalan, RT 01, 02, dan 03/RW 10, Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, terkonfirmasi positif Covid-19.

Aden Agus Taryana, Perangkat Desa Sariwangi mengatakan awal mula ditemukannya kasus tersebut saat beberapa orang mengalami gejala yang mengarah pada Covid-19 usai ziarah ke Pamijahan, Tasikmalaya, beberapa pekan lalu.

“Awalnya itu sekitar 70 orang ziarah ke Pamijahan, menggunakan dua bus. Pulang dari ziarah, ada beberapa orang yang mengeluh sakit kemudian dites swab hasilnya ada dua yang positif Covid-19,” ungkap Aden saat ditemui di Desa Sariwangi, Senin (1/3).

Usai ada dua orang yang positif Covid-19, kemudian warga yang ziarah itu menjalani tes swab masif berdasarkan arahan dari Dinas Kesehatan Bandung Barat. Hasilnya ditemukan 25 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Lalu dilakukan lagi tes swab dan bertambah lagi 14 yang positif. Jadi sampai hari ini total 39 orang yang positif Covid-19,” katanya.

Selain 39 orang yang sudah dinyatakan positif Covid-19, masih ada beberapa orang yang hasil tes swabnya belum keluar. Ada pula beberapa orang yang masih menolak menjalani tes swab.

“Ada beberapa yang hasil tesnya belum keluar. Sejauh ini ada yang negatif juga sebanyak 4 orang,” jelasnya.

Alhasil satu kawasan permukiman itu kini terpaksa dilockdown untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 pada warga lainnya.

“Berdasarkan arahan dari Pak Kades, Danramil, Kapolsek, dan Dinas Kesehatan untuk dilockdown dulu. Jadi dijaga selama 24 jam oleh Linmas, untuk lockdownnya baru dua hari,” paparnya.

Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari warga yang menjalani isolasi mandiri, pengurus RW dan pihak Desa Sariwangi menyiapkan porsi makanan yang dimasak di dapur umum. Dalam sehari dua kali porsi makan pada siang dan sore hari didistribusikan pada warga yang positif Covid-19.

“Kita bantu untuk jatah makan mereka, siang dan sore. Anggarannya dari donasi dan anggaran desa juga. Itu sudah kewajiban kita menjamin kebutuhan warga yang sedang isolasi mandiri,” tandasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan