Ini Efeknya Jika Sering Tidur dengan TV Menyala

JAKARTA – Pernahkah anda tidur ndengan keadaan TV masih menyala? atau suatu kebiasaan anda tidur dengan TV harus menyala? Jika iya, tenang anda tidak sendiri banyak yang melakukan hal yang sama dengan anda.

Namun pertanyaannya, apa yang akan terjadi pada tubuh anda jika terlelap dengan TV yang masih menyala?

Menurut hasil studi yang dirilis di JAMA Internal Medicine bahwasannya cahaya yang dipancarkan TV anda saat tubuh dalam keadaan tidak sadar ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Pengaruh yang dimaksud sebagaimana dilansir Health adalah risiko bertambahnya bobot tubuh hingga kadar resiko obesitas.

Ini disebabkan terpapar blue light yang dipancarkan perangkat televisi anda yang dapat menurunkan produksi hormon melatonin dimana menghasilakn efeknya gangguan pada siklus jadwal bangun anda. Selain itu, paparan sinar biru perangkat elektronik ini juga sangat berdampak terhadap kemampuan anda untuk lebih mudah terlelap dari sebelumnya.

Lalu bagaimana mengatasinya? Nah, cara untuk menurunkan efek yang tidak disadari banyak orang ini, anda dapat mengganti kebiasaan menjelang tidur anda misalnya dengan aktifitas membaca buku, membuat tugas anda dan sejenisnya.

Akan tetapi pada beberapa kasus terlebih masalah kecemasan, menggunakan TV sebagai salah satu alternatif untuk menenangkan isi kepala, dan membantu mereka untuk tidur untuk hal ini maka menjadi sebuah pengecualian. (finn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan