oleh

Tips Atasi Mata Kering Akibat Memakai Masker

JAKARTA – Masa Pandemi tidak dapat diprediksi kapan akan berakhir. kerananya masyarakat pun akan terus diwajibkan dalam penggunaan masker untuk tiap kesehariannya. Namun menggunakan masker dalam jangka panjang juga memiliki dampak tersendiri. Di antara kemungkinannya adalah dapat memberi efek pada mata kering. Namun tidak perlu khawatir, kondisi itu bisa dicegah.

Direktur eksekutif ENTOD Pharmaceuticals, Nikkhil K Masurkar seperti dikutip dari Indian Express menyebut, kondisi ini populer dalam beberapa bulan terakhir. Tepatnya sejak dokter mata memperhatikan semakin banyaknya orang yang melaporkan mata kering hingga teriritasi. Mata kering terkait masker juga dibahas dalam makalah yang berjudul “Face Mask-Associated Ocular Irritation and Dryness” yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology and Theory pada Juli 2020 lalu.

Penulis makalah melaporkan peningkatan signifikan gejala mata kering di antara pengguna masker biasa di beberapa klinik di Utah di Amerika Serikat. Sebenarnya, apa penyebab mata kering pada para pemakai masker?

Para pemakai masker umumnya merasakan area di sekitar wajah bagian bawah cenderung memanas karena pernapasan terus-menerus di dalam masker.

Menurut peneliti, mengenakan masker menghalangi aliran normal udara dari lubang hidung dan juga mengarahkan kembali sebagian udara yang Anda hembuskan ke mata. Ketika hal ini terjadi terus-menerus selama berjam-jam, maka bisa berkontribusi pada mengeringnya pelumas di mata yang mengakibatkan iritasi atau pembengkakan pada permukaan mata.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga