Benarkah Flu Bisa Diatasi dengan Menaruh Bawang Bombay dalam Ruangan?

JAKARTA – Mengobati flu bisa di lakukan secara alami maupun dengan obat-obatan. Namun dari beberapa orang memilih pengobatan alami untuk mengatasi flu. Salah satu pengobatan alami yang dipercaya bisa mengatasi flu oleh masyarakat adalah menaruh irisan bawang bombai di sudut ruangan. Lantas apakah cara tersebut benar ampuh untuk mengatasi flu?

Dilansir dari Healthline, kepercayaan soal bawang bombai untuk meredakan flu ini sudah ada sejak abad ke-15. Menurut National Onion Association, menaruh potongan bawang bombai mentah di sekitar rumah dapat melindungi Anda dari wabah pes bubonik. Sejak saat itulah bawang bombay juga dianggap mampu mengatasi flu.

Ide menggunakan bawang bombai juga tidak terlepas dari praktik pengobatan tradisional China. Dahulu, masyarakat percaya bahwa saraf kaki merupakan titik yang menyambung ke organ tubuh bagian dalam.

Bila bawang bombai diletakkan di dalam kaus kaki, senyawa sulfur diyakini bisa menyerap masuk ke dalam tubuh.

Kemudian, senyawa tersebut dapat bekerja membunuh bakteri dan virus penyebab flu. Soal benar atau tidaknya bawang bombay untuk mengatasi flu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dengan tegas membantah kepercayaan tersebut.

Menurutnya, bawang bombai tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan flu, alias cuma mitos belaka. Masih dikutip dari Healthline, Dr. Ruth MacDonald, dosen Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi dari Iowa State University, di Amerika Serikat juga mengatakan hal serupa.

Dijelaskan lagi bahwa obat-obatan atau cara tradisional tersebut tidak efektif melawan flu. Sebab, flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus.

Nah, virus ini harus berkontak langsung dengan inang, yakni manusia, untuk bisa menginfeksi tubuh dan menyebabkan flu. Sementara itu, bawang bombai sendiri tidak terbukti mampu menarik atau menyerap virus.

Jadi, secara ilmiah dan medis, dengan hanya menaruh atau menyimpan bawang bombai di ruangan atau di dalam kaus kaki ini tidak terbukti bisa mengatasi flu, ya.

Namun akan lebih efektif dengan mengkonsumsi bawang bombai. Meski tidak dapat menyembuhkan flu, namun ada manfaat penting lainnya yang bisa didapatkan tubuh. Bawang bombai adalah sumber prebiotik yang baik. Prebiotik merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Hadirnya bakteri baik di usus dalam jumlah cukup, bisa memperkuat kekebalan tubuh Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan