9 Manfaat Buah Semangka untuk Jantung dan Kecantikan

JAKARTASemangka memiliki banyak manfaat tersendiri untuk jantung sekaligus kecantikan. Selain manfaat dan kesegaran buahnya tercatat semangka memiliki nutrisi yang tinggi, lho!

Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20% vitamin C dan 17% vitamin A. Melihat kandungan tersebut, manfaat buah semangka untuk kesehatan jangan sampai Anda lewatkan.

Berikut ini beberapa manfaat semangka untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Membantu Hidrasi Tubuh

Minum air putih bisa membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Tak hanya air putih, mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi juga dapat membantu. Semangka terdiri atas 92% air. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Mengandung Banyak Nutrisi yang Bermanfaat

Manfaat semangka untuk kesehatan tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Sejauh ini, semangka terbilang sebagai salah satu buah yang rendah kalori, hanya 46 kalori setiap 154 gram.

Setiap porsi semangka tersebut juga menyimpan banyak nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, vitamin B1, B5, dan B6. Semangka juga kaya akan karotenoid, termasuk likopen dan beta-karoten.

Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen, zat yang terdapat dalam semangka, berhubungan dengan risiko terkena kanker prostat yang lebih rendah.

Ini karena semangka tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat mencegah kanker dengan melawan radikal bebas. Tak hanya itu, cucurbitacin E dalam semangka dinilai bisa menghambat pertumbuhan tumor.

Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol. Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Vitamin A, C, dan magnesium dalam semangka juga menjadikan manfaat semangka baik untuk jantung Anda.

Mencegah Degenerasi Makula pada Mata

Manfaat semangka lainnya adalah mencegah degenerasi makula pada mata. Khasiat yang satu ini diperoleh dari likopen yang ditemukan berlimpah pada buah semangka.

Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia atau AMD. AMD sendiri adalah gangguan pada mata yang bisa memicu kebutaan pada lansia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan