GBLA Jadi Kandidat Stadion yang Dipakai untuk Pertandingan Piala Menpora 2021

BANDUNG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto mengatakan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung menjadi salah satu kandidat stadion untuk pertandingan Piala Menpora.

Ia berharap, GBLA dapat menjadi salah satu venue yang digunakan untuk turnamen Pra Musim Liga 1 2021 yang bertajuk Piala Menpora yang di gelar pada pada 20 Maret hingga 25 april 2021 mendatang.

Menurutnya, saat ini panitia penyelenggara akan melakukan pengecekan dan penilaian kelayakan dari stadion pada minggu depan.

“Telah sampai informasi kepada kita bahwa Kota Bandung ini yang ditunjuk juga untuk menggelar turnamen pra musim, minggu depan panitia akan melakukan survei,” kata Eddy di Balai Kota Bandung, Kamis (25/2).

Eddy menuturkan, fasilitas di stadion kebanggaan warga Kota Bandung ini sudah layak dan memenuhi persyaratan untuk menggelar suatu pertandingan. “GBLA ini siap kalau memang nanti ditunjuk menjadi tuan rumah piala Menpora,” ucapnya.

Meski begitu, keputusan terkait pengguna GBLA untuk Piala Menpora berada di tangan PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku panitia penyelenggara. “Kita hanya menawarkan dan berharap Stadion GBLA menjadi salah satu veneu untuk pertandingan Piala Menpora,” kata Eddy.

“Mekanisme dalam menggelar pertandingan ditentukan oleh PT LIB, kita hanya berupaya menawarkan saja bahwa GBLA siap melaksanakan pertandingan. Kita berharap GBLA bisa ditunjukk oleh LIB,” sambungnya.

Eddy membeberkan, dalam hal menggelar pertandingan, terdapat beberapa syarat yang ditetapkan oleh Kapolri. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, hingga perizinan dari Kapolda setempat.

“Kita mengacu pada prosedur yang dikeluarkan oleh PSSI dan Kemenpora. Dan akan kita terapkan apabila GBLA nanti ditunjuk. Peserta atau atlit yang akan melakukan pertandingan mereka harus menunjukkan PCR yang menunjukkan mereka negatif. Menyediakan sarana cuci tangan termasuk di pintu masuk dan hanya satu pintu,” bebernya.

Selain itu, pertandingan yang diadakan juga tidak akan melibatkan penonton. Sehingga ia juga menyimpan harapan besar agar para Bobotoh tidak hadir ke stadion untuk menonton.

“Kami harap kepada Bobotoh yang biasa hadir, kami imbau tidak hadir ke stadion dan menonton di rumah masing-masing. Untuk turnamen ini ada hal yang berbeda, Persib tidak akan main di Bandung, jadi bisa saja Sleman yang main di Bandung itu untuk menghindari Bobotoh yang membandel hadir ke stadion,” tandasnya. (ayu)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan