Optimis Kertajati Tingkatkan PAD di Masa Pandemi

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyakini dimulainya penerbangan kargo dari Bandara Kertajati menjadi pertanda baik bagi pemulihan ekonomi Jawa Barat.

Menurutnya, sejumlah upaya akan terus dilakukan agar penerbangan dari Kertajati pulih. Meski masih menunggu tuntasnya jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Kendati begitu, dirinya meminta agar manajemen PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) memaksimalkan pasar dari wilayah Jabar bagian utara juga sebagian Jawa Tengah.

“Kertajati itu main bisnisnya dari Priangan, padahal ada potensi di Utara. Sepertiga ekonomi Jawa Barat di sana harusnya bisa bergeser ke sini, Utara Jawa Barat itu tidak butuh Cisumdawu,” ucap Emil di Bandarudara Kertajati, Majalengka, Selasa (23/2).

Emil menilai membangkitkan Kertajati lewat bisnis kargo merupakan pilihan yang paling logis di tengah situasi pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19 saat ini.

“BUMD tersebut harus menjalankan bisnis yang memberikan kepastian mengingat penerbangan orang masih terbatas. Karena itu kargo menjadi pilihan logis yang bisa menjadi pengungkit ekonomi,” hematnya.

Ia pun meminta seluruh pengusaha Jawa Barat agar memanfaatkan layanan kargo dari Kertajati. Menurutnya banyak komoditas ekspor Jawa Barat yang permintaan serta pasarnya tinggi.

“Komoditas ubi yang dibutuhkan Jepang, lalu ada jahe merah oleh Singapura dan Hongkong. Permintaan masih banyak. Mari kita singkirkan ego sektoral, kuatkan potensi komunal, semua berkeringat agar hasilnya optimal,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan pesawat B737 800 NG Garuda Indonesia menuju Batam ini akan menerbangkan kargo PT. Kawan Sinergi Berkarya.

“Dengan fasilitasi dari Tim Sub Divisi Transportasi dan Logistik, Satuan Tugas Komite Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat, serta dukungan dari Asperindo Indonesia dan Jawa Barat beserta anggotanya,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Garuda Indonesia menyepakati kerjasama strategis guna menghidupkan lagi layanan penerbangan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka dan pemulihan ekonomi daerah.

Penandatangan naskah kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT. Garuda Indonesia Tbk ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penyediaan Dan Peningkatan Layanan Transportasi Udara’ serta Launching Penerbangan Kargo Bandara Internasional Kertajati ke Bandara Hang Nadim Batam, dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan