Mengenal Plasma Konvalesen, Peningkat Antibodi Untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

BANDUNG – Dalam upaya peningkatan penyembuhan pasien positif Covid-19 Tenaga Kesehatan Kota Bandung terus mengembangkan metode untuk menurunkan angka pasien Positif Covid-19, salah satunya yaitu dengan cara mendonor plasma konvalesen dari pasien penyintas Covid-19 yang sudah sembuh.

Plasma konvalesen ini tidak hanya terdapat didalam kandungan darah pasien penyintas covid saja tetapi plasma ini juga terdapat di dalam kandungan darah pasien penyintas penyakit lain, seperti TBC, Hepatitis dan sebagainya, namun dengan kondisi yang sedang darurat covid-19 tenaga kesehatan di PMI Kota Bandung sedang memfokuskan donor plasma konvalesen yang didapat dari pasien penyintas covid.

Plasma convalesen merupakan plasma yang didapatkan dari pasien penyintas covid-19 yaitu pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif covid-19 dengan gejala yang cukup berat dan telah dinyatakan sembuh, dengan adanya daya tahan tubuh yang baik dari pasien penyintas covid-19 tentunya pasien tersebut memiliki kekebalan tubuh (antibody) terhadap virus tersebut dan dapat melawan virus covid-19 tersebut hingga sembuh , antibody ini terdapat didalam komponen darah pasien pendonor yang disebut plasma.

Plasma yang mengandung antibody ini dapat membantu pasien covid-19 lain yang daya tahan tubuhnya tidak cukup kuat dalam melawan virus tersebut sehingga memungkinkan pasien yang menerima donor plasma konvalesen tersebut dapat sembuh atau dapat memperingan gejala yang dialaminya sehingga kemungkinan sembuh lebih besar.

Namun tidak semua pasien dengan status pernah positif covid-19 dapat melakukan donor plasma konvalesen seperti yang dijelaksan oleh Pupu Puspita Kepala Seksi Rilis Produk PMI Kota Bandung saat diwawancarai di kantor PMI Kota Bandung Jalan Aceh.

“Tidak semua penyintas covid dapat mendonorkan plasmanya, ada persyaratan tertentu, salah satunya yaitu nilai antibody nya harus cukup baik, pasien di rumah sakit yang membutuhkan plasma itu justru membutuhkan antibodinya yang ada dikandungan plasma konvaselen darah pasien penyintas covid-19 tersebut,” jelasnya.

Plasma konvalesen ini berbeda dengan imun tubuh, yang artinya plasma ini terbentuk dari antibody yang melawan virus covid-19 yang terdapat di dalam tubuh pasien penyintas covid-19, Pupu menjelaskan semakin banyak gejala yang pernah dialami pasien penyintas covid-19 yang sembuh maka semakin baik dan bagus juga kualitas plasma yang terkandung dalam darah pendonor plasma konvalesen tersebut. Untuk saat ini peminat dan pendonor plasma konvalesen di kota Bandung pun tebilang banyak.(nissa)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan