Kabupaten Bandung Belum Melakukan Vaksin Lansia

SOREANG – Lansia di Kabupaten Bandung masih belum bisa mendapatkan vaksinasi Sinovac karena Pemkab memprioritaskan vaksinasi untuk pegawai pelayan publik.

“Lansia di Kabupaten Bandung belum diberikan vaksin, karena lansia diberikan prioritaskan pada daerah provinsi. Jadi untuk di Jawa Barat hanya di Kota Bandung,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, Grace Mediana Purnami saat wawancara di Soreang, Selasa (23/2).

Grace mengatakan, untuk sasaran yang akan mendapat vaksinasi, sesuai dengan instruksi dari pimpinan bahwa untuk pelayanan publik, yaitu semua yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Diantaranya, TNI, Polri, kemudian dinas-dinas yang melakukan kegiatan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Tapi intinya kami akan berkoordinasi dulu, siapa yang menjadi prioritas pembagian pada vaksin kali ini,” kata Grace.

Dia juga menjelaskan, bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, saat ini telah menerima vaksin Sinovac sebanyak 6.430 vial. Satu vial terdiri dari sepuluh dosis. Oleh karena itu, total vaksin Sinovac yang diterima sebanyak 64.300 dosis, yang diperuntukkan untuk dua kali proses penyuntikan vaksin

“Tetapi ini kita bagi dua, untuk jumlah sasaran kurang lebih bisa untuk 30 ribuan, karena kita harus selesai menyuntikan dua kali,” jelasnya.

Grace juga mengungkapkan bahwa rencananya besok pada Rabu (24/2) akan dilakukan distribusi vaksin tersebut. Katanya, hari selanjutnya akan dilaksanakan vaksinasi Covid 19 tahap kedua termin 1.

Sementara itu, lanjut Grace, sampai saat ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bandung sebanyak 9.104, dengan total aktif sebanyak 523 kasus atau 5,7 persen dari total yang terkonfirmasi. Untuk kasus yang meninggal sebanyak 185 atau dua persen dari total yang terkonfirmasi positif. Kemudian untuk jumlah kesembuhan sebanyak 8.396 orang.

“Kalau dilihat presentase angka kesembuhan, sebetulnya kita sudah cukup bagus, karena apa yang disampaikan minimal untuk indikator 80 persen untuk angka kesembuhan, di Kabupaten Bandung sampai hari ini sebanyak 92,2 persen. Jadi mudah-mudahan yang terkonfirmasi positif tetap semangat dan dapat sembuh kembali,”ungkapnya.

“Kasus aktif berdasarkan indikator harus dibawah 14 persen, dan kita sudah dibawah itu,” ujarnya.

Saat ini, kata Grace, Kabupaten Bandung sendiri masuk dalam kategori zona orange. Kata Grace, selain upaya dari tim gugus tugas Covid 19 juga harus ada partisipasi dan peran serta masyarakat untuk selalu taat dalam menjalankan protokol kesehatan, sehingga bisa mempercepat pemutusan mata rantai Covid 19.

Tinggalkan Balasan