Bupati Bandung Terpilih: Anak Disabilitas Punya Hak yang Sama

KAB. BANDUNG – Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna meresmikan Lembaga Sosial dan Kesehatan “Rumah Alifa”, di Jalan Raya Pacet, Desa Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Senin (22/2/21).

Rumah Alifa yang berada di bawah Yayasan Manggala Putera ini merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial khususnya yang melayani anak penyandang disabilitas di Kecamatan Pacet.

Bupati Bandung terpilih menyatakan mendukung penuh keberadaan Rumah Alifa ini yang tekah menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak disabilitas.

“Saya ucapkan selamat atas diresmikannya Rumah Alifa ini yang sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak penyandang disabilitas. Saya siap men-support keberlangsungan dari Rumah Alifa,” kata Dadang Supriatna dalam sambutannya.

Ia meminta Rumah Alifa mencatat data berapa jumlah anak disabilitas yang perlu mendapatkan perhatian khusus, untuk bisa memenuhi hak anak disabilitas secara maksimal.

Dadang mengaku terinsipirasi oleh Rumah Alifa ini agar ke depan Pemkab Bandung lebih serius memperhatikan keberadaan anak disabilitas ini dan melayani kebutuhan mereka secara maksimal. Sebab menurutnya merupakan kewajiban dan tanggungjawab pemerintah daerah, bahkan sampai ke tingkat RT, untuk bisa memenuhi hak anak disabilitas.

“Undang-undang Nomor 18 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas mengamanatkan bahwa anak disabilitas ini punya hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan, keagamaan, hak sosial dan kesehatan, aksesibilitas, dan hak-hak lainnya, yang wajib dipenuhi oleh pemerintah daerah secara maksimal,” tandas Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS berharap Rumah Alifa jadi tempat pendidikan formal, non formal maupun vokasional terutama pendidikan keagamaan yang mampu melahirkan anak-anak disabilitas yang bermanfaat bagi umat.

Ketua Pedas Rifki Fauzi bersama Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna saat diskusi Pemuda Bedas, Senin (22/2/21). by Pedas

Pendiri Rumah Alifa, Emma Imron sangat berterima kasih kepada Bupati Bandung terpilih yang telah memberikan perhatian kepada anak disabilitas khususnya yang ada di Kecamatan Pacet. Ia pun berterima kasih kepada Yayasan Manggala Putera yang telah memberikan kepercayan kepada dirinya bersama tim untuk mendirikan Rumah Alifa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan