PMI Adakan Kegiatan Donor Darah di Kecamatan Astana Anyar

BANDUNG – Palang Merah Indonesia (PMI) mengadakan kegiatan donor darah di Jl. Bojongloa No.69, Panjunan, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung. Kegiatan donor darah yang sudah berjalan lima kali dimulai pada tahun 2020 di wilayah Astana Anyar (20/2).

“Dalam kegiatan donor darah ini memang diadakan oleh PMI kecamatan, jadi setiap kecamatan memang memiliki PMI nya masing-masing. Untuk tahun ini merupakan kegiatan yang ke dua, total kalau dari tahun 2020 itu kita udah melaksanakan kegiatan donor darah sekitar lima kali,” terang Popo Subarnas selaku Ketua PMI Kecamatan Astana Anyar.

Petugas PMI dengan relawan gereja dari kecamatan Astana Anyar

Kegiatan donor darah di laksanakan mulai pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang.

“Sebenernya tidak ada pembatasan untuk pendonor, hanya kita harus selesai pukul 12, agar darah yang sudah di dapat langsung di setorkan ke PMI kota untuk di olah lebih lanjut,” ujarnya.

Adapun yang bertugas dalam kegiatan ini baik dari petugas PMI, Dokter, dan Relawan.

“Ada lima orang petugas PMI dari kecamatan Astana Anyar, standar unit transfusi darah ada sekitar tujuh orang yang sudah meliputi dari dokter, input data, pengecekan darah, dan pengambilan darah, dan ada juga relawan dari berbagai gereja yang ada di wilayah kecamatan Astana Anyar,” lanjutnya.

Popo mengatakan adanya syarat penting bagi pendonor yaitu dinyatakannya orang tersebut dalam keadaan sehat. Sebelum melakukan pendonoran, peserta diharuskan untuk mengisi identitas diri. Kemudian peserta akan di panggil untuk melakukan konsultasi kesehatan sebelum melakukan tes darah dan pengalambilan darah.

Dalam hal ini dilakukan untuk memastikan peserta yang mendonor darah dalam keadaan sehat. Peserta yang di nyatakan sehat bisa mendonorkan darahnya dan akan diberikan bingkisan makanan ringan berupa snack box serta ada juga sebuah cenderamata yang di sediakan oleh relawan gereja. Tidak hanya itu, dari kecamatannya sendiripun menyediakan sarapan berupa bubur kacang dan teh manis untuk peserta sebelum melakukan donor darah.

Donor darah yang diselengarakan memang dikhususkan untuk warga wilayah kecamatan Astana Anyar

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan