Polri Berikan Izin Turnamen Pramusim Piala Menpora 2021

JAKARTA – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa bernapas lega. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya memberikan izin digelarnya turnamen pramusim. Diberi nama Piala Menpora.

“Semoga semua pemangku kepentingan sepak bola, baik klub, pemain dan juga para suporter dapat menjaga komitmen bersama terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas,” ujar Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dilansir dari FIN, Kamis (18/2).

Izin turnamen pramusim diberikan secara langsung dari Kapolri Listyo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Mabes Polri. Turnamen sepak bola itu akan digelar pada 20 Maret – 25 April.

Piala Menpora akan menjadi indikator. Apabila berjalan lancar, maka Polri akan memberikan izin digelarnya Liga 1 dan Liga 2. Rencananya kompetisi tersebut akan bergulir pada bulan Agustus mendatang.

‘Kalau turnamen pramusim dapat berjalan dengan baik, penegakan aturan terkait protokol kesehatan berjalan dengan baik, maka kami akan memberikan kelonggaran untuk turnamen selanjutnya. Namun, kalau tidak, tentu kami akan melakukan evaluasi,” ujar Kapolri Listyo.

Rencananya Piala Menpora akan digelar di empat kota. Solo, Bandung, Sleman dan Malang akan menjadi tuan rumah turnamen. Selain itu, Kota Palembang dipersiapkan sebagai alternatif.

Nantinya Piala Menpora akan diikuti oleh 20 klub. Diikuti oleh 18 tim Liga 1 dan dua tim Liga 2. Kemudian akan dibagi menjadi empat grup. Masing-masing diisi oleh lima klub. Tiap grup akan bermain di satu kota.

Selanjutnya dari fase grup akan diambil dua klub teratas. Mereka akan lolos ke babak perempat final. Lalu masuk ke semifinal dan terakhir partai final. Ada juga laga perebutan tempat ketiga.

“Kenapa kami sebut Piala Menpora 2021? Pertama, karena dalam kompetisi ini, Kemenpora dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama penerapan protokol kesehatan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pria yang disapa Iwan Bule itu memberikan apresiasi tinggi untuk Menpora. “Pak Menpora sampai memberikan garansi personal agar izin dapat keluar. Terima kasih, Pak Menpora,” ucap Iwan Bule.

Selanjutnya Iwan Bule berharap agar gelaran Piala Menpora akan berjalan lancar. Supaya tidak ada masalah dengan izin untuk Liga 1 dan Liga 2. Ketum PSSI meminta kepada suporter untuk bisa menahan diri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan