Ada Harapan di Balik Makanan! Ternyata Inilah Makna dari Menu Spesial Imlek

Di samping itu, beberapa orang Cina meletakkan benang putih di dalam pangsit, dan orang yang makan pangsit itu seharusnya memiliki umur panjang. Terkadang koin tembaga dimasukkan ke dalam pangsit, dan orang yang memakannya diharapkan menjadi kaya.

Pangsit harus diatur dalam garis-garis, bukan lingkaran, karena lingkaran pangsit seharusnya berarti hidup seseorang berputar-putar, tidak pernah ke mana-mana.

Ucapan Keberuntungan untuk Makan Pangsit

Zhāo cái jìn bǎo (招财进宝 / jaoww tseye jin baoww /): ‘Membawa kekayaan dan harta karun’ – keinginan yang tepat untuk menghasilkan uang dan mengumpulkan kekayaan.

 

2. Spring Rolls – Kekayaan

Ilustrasi:Pexels

Lumpia (春卷 Chūnjuǎn / chwnn- jwen /) mendapatkan namanya karena secara tradisional dimakan selama Festival Musim Semi. Ini adalah hidangan Tahun Baru Imlek yang sangat populer di Tiongkok Timur: Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzhen, Hong Kong, dll.

Lumpia adalah hidangan dim sum Kanton dari roti gulung berbentuk silinder yang diisi dengan sayuran, daging, atau sesuatu yang manis. Isian dibungkus dengan pembungkus adonan tipis, kemudian digoreng, sampai lumpia berwarna kuning keemasan.

Ucapan Keberuntungan untuk Makan Lumpia

黄金万两 (hwung-jin wan-lyang /): ‘Satu ton emas’ (karena lumpia goreng terlihat seperti batangan emas) – harapan untuk kemakmuran.

 

3. Kue Beras Ketan – Kenaikan Pendapatan atau Jabatan

Kue beras ketan (年糕 Niángāo / nyen-gaoww /) adalah makanan keberuntungan yang disantap pada malam tahun baru Imlek. Dalam bahasa Cina, kue beras ketan terdengar seperti artinya “semakin tinggi dari tahun ke tahun”. Dalam pikiran orang Cina, ini berarti semakin kita tinggi maka semakin makmur bisnis kita, dan itu adalah peningkatan umum dalam hidup. Bahan utama niangao adalah ketan, gula pasir, chestnut, kurma cina, dan daun teratai.

Ucapan Keberuntungan untuk Makan Niangao

年年 高 (niánnián gāo / nyen-nyen gaoww /): ‘Menjadi lebih tinggi dari tahun ke tahun’, dapat menyiratkan tinggi badan anak-anak, kenaikan dalam kesuksesan bisnis, nilai yang lebih baik dalam studi, promosi di tempat kerja, dll.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan