KUBE, Kelompok Usaha yang Terbentuk Akibat Pandemi Covid-19

SUMEDANG – Seperti diketahui bahwa pandemi Covid-19 berdampak cukup besar, selain pada kesehatan juga berimbas pada sektor perekonomian.

Terkait hal itu, Kelompok Usaha Bersama (Kube) membentuk sebuah wadah guna membangun usaha bagi para karyawan yang terpaksa dirumahkan atau PHK akibat terdampak Covid-19.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Yayat Wahdiyat, bahwa pembuatan kelompok usaha bersama tersebut berangkat dari rasa prihatin mereka ketika di masa pandemi Covid-19 banyak karyawan yang dirumahkan dan kena PHK termasuk saya yang kena imbasnya.

“Berangkat dari itu semua saya bersama warga yang lainya berinisiatif buat kelompok guna mewadahi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di desa Cipacing dan Alhamdulillah didukung penuh Tiga Pilar Desa Cipacing,” kata Yayat kepada wartawan pada Senin (8/2/21).

Katanya, selain hal tersebut mereka berinovasi di beberapa bidang, yaitu memproses sekam untuk media tanam hidroponik yang bisa juga untuk pertanian, pembuatan pupuk kompos, pengrajin sandal, serta ternak domba,

Yayat menjelaskan, bahkan untuk pakan ternak ia buat dengan sistem Silase, yakni membuat pakan dengan barang yang sudah tidak bermanfaat agar dapat menjadi pakan sehingga ketika musim kemarau anggotanya tidak perlu bingung mencari rumput.

Kemudian dalam pembuatan Silase, Yayat mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang. Adapun bantuan tersebut berupa mesin penghancur sampah.

Dalam tiga bulan, bahkan KUBE diketahui telah mendapatkan banyak pesanan dan kerja sama pada bidang Kompos dan Silase. “Dorongan dan panduan penuh dari tiga pilar Desa Cipacing sangat terasa dan membantu sekali perkembangan KUBE,” tuturnya.

Sementara menurut salah satu Unit Usaha Pembuatan Sendal yang tergabung dalam Kube Medal Harapan Jaya Yana Firmansyah, mengatakan semenjak bergabung dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Medal Harapan Jaya produksinya diketahui meningkat tajam. “Diantaranya banyaknya pesanan yang bersifat Coustem,” ujarnya.

Dikatakannya, mereka dibantu pemasaran sama Kube ke Sejumlah apartemen dan Ke Disparbudpora Kabupaten Sumedang. “Dan Alhamdulillah berkat kerja sama bersama kelompok Usaha bersama Medal Harapan Jaya perekonomin di masa Pandemi Covid-19 kami cukup teratasi,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan