Bantu Pekerja Jalanan, Orangbike Messenger Gelar Program ‘Sahabat Bike Berbagi’

TASIKMALAYA – Layanan jasa pengiriman yang menggunakan moda transportasi sepeda, Orangbike Messenger menggelar program peduli sosial yakni “SahabatBike Berbagi” yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat.

Program yang telah berjalan sejak bulan Februari 2019 tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat, bahkan mendorong banyak donatur untuk turut andil dalam mensukseskan program “SahabatBike Berbagi”.

“SahabatBike Berbagi itu merupakan program Orangbike Messenger yang mulai berjalan sejak tahun lalu. Idenya itu pas awal pandemi, kita awalnya bantu menyalurkan masker dan handsanitizer,” ujar Sandi Wara Sastra selaku founder dari Orangbike Messenger ketika dihubungi Jabar Ekspres.

Kini selain berbagi alat protokol kesehatan, ”SahabatBike Berbagi” juga menyalurkan makanan seperti nasi box untuk para pekerja jalanan. Suplai makanannya sendiri Orangbike Messenger memiliki donatur rutin dari UMKM di Tasikmalaya seperti Ayam Geprek Berkah, Aleya’s Kitchen, dan Pawonmbokd.

“Awalnya donaturnya dari UMKM karena kita juga kerja sama dengan mereka, terus kita juga ada partner rutin buat makanannya. Ada juga yang mendonasikan uang terus nanti dibelanjakan alat prokes, adapun yang punya perusahaan masker dan ada beberapa masyarakat yang punya masker lebih. Akhirnya dari UMKM ada, perusahaan ada, dan perorangan pun ada, kita kumpulin lalu kita salurkan, targetnya untuk pekerja jalanan seperti tukang becak, pemulung, atau pedagang kaki lima,” jelas Sandi.

Seperti diketahui, Orangbike Messenger kerap melakukan aksi-aksi peduli, selain program “SahabatBike Berbagi”, Orangbike Messenger juga lebih dulu mengkampanyekan peduli lingkungan, dengan cara mengurangi polusi kendaraan.

Komitmen dan konsistensi yang dilakukan membawa berkah tersendiri selain bagi para penerima tapi juga bagi pihak Orangbike Messenger karena sudah dipercaya donatur untuk menjadi penyalur barang yang dibagikan.

“Pas buka program dan publikasi, ternyata antusiasnya baik, banyak di daerah Tasikmalaya yang ingin berbagi tapi waktunya gak ada, akhirnya kami buka program ini untuk menyaluran, nah karena sudah berjalan sampai sekarang jadi kita regulerkan setiap hari Jumat, Alhamdulillah kita sudah dipercaya penyalur untuk jadi penyambung dengan yang membutuhkan” lanjut Sandi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan