5G Segera Meluncur di Indonesia, Berbagai Pihak Siap Kolaborasi Menghadirkan 5G untuk Pengguna

JAKARTA – Teknologi 5G mulai segera meluncur di Indonesia. Berbagai pihak terkait seperti vendor jaringan, operator, regulator dan juga vendor smartphone sudah mulai mengambil ancang-ancang untuk siap menggelar layanan 5G di Indonesia, mengingat teknologi ini sebenarnya sudah mainstream di berbagai  negara.

Layanan berbasis teknologi 5G menjanjikan kecepatan akses internet yang semakin kencang dibandingkan teknologi sebelumnya, serta latency atau tingkat delay yang sangat kecil.

Jika pada teknologi 4G kecepatan akses internet mencapai 100 Mbps, maka teknologi 5G mampu menyajikan kecepatan hingga 10 Gbps. Ini berarti kecepatan 5G mencapai seratus kali lebih cepat dari teknologi 4G.

Sebagai gambaran, dengan kecepatan 5G tersebut memungkinkan pengguna untuk mengunduh film dengan durasi 2 jam hanya membutuhkan waktu 3,6 detik.

Selain itu teknologi 5G juga menjanjikan tingkat latensi yang berkurang secara signifikan. Ini membuat berbagai layanan yang berjalan di teknologi 5G memiliki waktu loading yang lebih cepat, serta tingkat responsif yang meningkat jauh.

Dengan kemampuan 5G yang begitu andal tersebut, pertanyaannya layanan apa saja yang bisa dirasakan oleh pengguna dan apa saja keuntungannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan berbagai pertanyaan lainnya, serta untuk memberikan edukasi kepada khalayak luas mengenai manfaat dan keuntungan teknologi 5G, OPPO bekerjasama dengan Forwat (Forum Wartawan Teknologi) menggelar acara OPPO 5G Academy yang dilakukan secara online dan offline, Kamis, (4/2).

Acara tersebut menghadirkan para pembicara dari berbagai pihak, antara lain Aryo Meidianto A selaku PR Manager OPPO Indonesia, Shannedy Ong, Country Director Qualcomm, dan Sukaca Purwokardjon selaku Deputy CEO Mobility Smartfren Telecom.

 

Persiapan 5G

Memulai acara OPPO 5G Academy, Sukaca dari Smartfren menjelaskan mengenai persiapan layanan 5G di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa pihak operator dalam hal ini Smartfen sudah melakukan ujicoba jaringan 5G di Indonesia. Dari hasil uji coba tersebut, didapatkan hasil kecepatan akses yang luar biasa.

“Teknologi 5G akan menjadi key changer. Kebutuhan layanan yang saat ini belum bisa dirasakan, dengan teknologi 5G akan memungkinkan. Dan juga layanan yang saat ini sudah ada akan dirasakan lebih memuaskan lagi” ujar Sukaca.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan