Pedagang Teras Cihampelas Ngeluh, Barang Dagangannya Sering Kebobolan

BANDUNG – Teras Cihampelas atau Skywalk yang semula dijadikan para pejalan kaki untuk tempat wisata dengan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) sepanjang teras nampak sepi dari pengunjung. Bahkan, saat ini hanya menyisakan kios-kios pedagang yang kosong.

Tak sedikit kios pedagang yang tutup dan hanya segelintir saja yang bertahan. Tidak terlihat pengunjung yang berjalan-jalan di teras yang memiliki panjang sekitar 450 meter tersebut.

Salah seorang pedagang warung kopi, Supadi mengungkapkan kekecewaannya. Sebab keamanan dan fasilitas yang tidak memadai di Teras Cihampelas.

“Sudah tiga kali kebobolan kios di sini, dan ketika panas atau hujan tidak ada peneduh sama sekali,” ungkapnya di Teras Cihampelas, Jumat (29/1/2021).

Dia berharap pemerintah mencari solusi agar Teras Cihampelas berfungsi kembali dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Dengan begitu omsetnya berjualan dapat kembali meningkat.

Supadi mengaku sudah berjualan di pinggir Jalan Cihampelas sejak 1989. Namun, sejak Teras Cihampelas berdiri pada 2017, dirinya mulai pindah berjualan di bangunan tersebut.

“Saya tadinya berjualan di bawah (Jalan Cihampelas) dari tahun 89, begitu diresmikan tahun 2017 saya naik karna ingin mendongkrak terhadap penghasilan,” tuturnya.

Seiring berjalannya waktu saat pengelolaan diberikan kepada warga, omset usaha Supadi tersebut mengalami penurunan drastis. Terlebih saat pandemi Covid-19 yang sudah terjadi sejak 10 bulan lalu.

“Sekarang Rp100 ribu aja gak dapet, dua hari kemarin paling banyak Rp40 ribu. Dulu sampai Rp2 juta pas pertama pembukaan,” ungkapnya.

Supadi mengatakan, para pedagang yang berada di Teras Cihampelas memilih untuk kembali berjualan di pinggir jalan dengan mendirikan kios.

“Tamu kecewa kalau naik ke atas banyak yang tutup, yang mau dilihat gak ada, pagi ini baru empat kios yang buka,” ucapnya.

Menurutnya, masih ada pengunjung yang datang ke Teras Cihampelas namun tidak serta merta berbelanja ke kios-kios yang masih buka. “Sebelum corona sepi, selama corona tutup semua, saya memilih bertahan berjualan karna tidak memiliki usaha lain,” jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berkomitmen untuk mengaktivasi kegiatan di Teras Cihampelas yang nampak sepi karena imbas dari pandemi Covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan