PPKM di Cimahi, Kabid Penegakan Perda: 85 Masyarakat Sudah Mematuhi Prokes

CIMAHI – Selama dua pekan lalu penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih terus digalakan. Di sejumlah daerah khususnya Kota Cimahi penerapan pemberlakuan memakai masker masih terus berlanjut, bahkan kesadaran masyarakat tentang Protokol Kesehatan (Prokes) dinilai sudah cukup baik.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda, Muhammad Samsul, mengatakan hampir 85 persen masyarakat sudah selalu menggunakan masker saat keluar rumah hal ini merupakan progres yang cukup baik mengingat semakin melonjaknya kasus Covid 19 ini, Senin (25/01).

“Kami melihat progres yang cukup bagus akhir-akhir ini sekitar 85 persen masyarakatnya sudah mematuhi prokes dengan memakai masker walaupun ada beberapa yang ditemukan tidak memakai masker dengan dalih sedang di cuci atau sebagainya tentu kita sadar ini hanya alasan untuk tidak mau menggunakan masker,” tambahnya.

Terkait kerumunan Samsul juga menjelaskan hampir tidak pernah terjadi kerumunan dan berharap masyarakat bisa terus mengerti dan sadar dengan pemberlakuan prokes ini.

“Ada satu atau dua, namun tidak sampai besar kerumunannya kita harapkan sih selalu seperti ini masyarakat sadar dengan prokes dan saling menjaga dengan tugas kita terus mengingatkan dan mengedukasi terus menerus,” katanya.

Pihaknya juga menyebutkan sebelumnya diadakan rapat bahkan sebelum PPKM tentang penerapan prokes Covid 19 dan disepakati pihaknya hanya menggelar sosialisasi.

“Sebelumnya di tiga hari pertama penerapan himbauan sosialisasi PPKM hingga hari keempat hingga seterusnya pada tanggal 21 Januari dengan sanksi sosial yang bersifat persuasif seperti menyapu dan lainnya lalu dari tanggal 21 hingga hari ini kita akan lakukan sanksi tegas, yakni penyegelan dan penutupan khususnya bagi yang melanggar,” pungkasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan