Satgas Pangan Polda Jabar Awasi Pergerakan Mafia Daging

BANDUNG – Satgas Pangan Polda Jawa Barat (Jabar) melakukan sejumlah langkah dalam upaya antisipasi melambungnya harga daging sapi. Hasil penelusuran, harga daging sapi masih stabil.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, Kombes Pol Yaved Duma Parembang menuturkan, hasil penelusuran harga daging sapi di Jabar cenderung stabil dan belum ada lonjakan kenaikan.

Kendati harga masih stabil, satgas akan terus melakukan pengawasan di pasar-pasar tradisional. “Di wilayah Jabar kita (harga daging sapi) masih stabil. daging sapi di Jabar masih di kisaran Rp 120.700 per kilonya. Bahkan ada beberapa wilayah yang di Rp 110.000 (per kilo),” kata Yaved, Jumat (22/1).

Untuk itu, Yaved menyebutkan petugas akan terus melakukan pengawasan dan pemantauan di sejumlah pasar tradisional guna memastikan harga daging sapi segar tidak melonjak tinggi.

Selain itu, kata dia, petugas juga telah berkoordinasi dengan sejumlah distributor daging sapi segar terkait ketersediaan stok. “Pengawasan tetap dilaksanakan. Kita sudah koordinasi juga dengan DKPP Jabar dan sejumlah distributor,” ujar Yaved yang merupakan Ketua Satgas Pangan Jawa Barat.

Namun, Yaved mengakui sebelumnya sempat ada lonjakan harga daging sapi segar di Jabar pada bulan Desember. Hal itu terjadi lantaran adanya permintaan yang tinggi namun pasokan kurang. “Harga dari RPH (rumah potong hewan) tinggi. Tapi ke pembeli terakhir tetap harga normal,” paparnya.

Sementara itu pedagang daging sapi di Pasar Kosambi, Yayat Sudayat,56, mengeluhkan penjualan berkurang dibanding beberapa waktu lalu, imbas dari kenaikan harga tersebut.

Menurutnya harga sapi dari RPH pun memang berangsur naik sejak dua bulan lalu. Meski naik, ia mengaku masih menjual daging dengan harga diambang batas wajar.

“Jadi naiknya itu enggak langsung, mulai naik Rp 2 ribu, besoknya naik lagi Rp 2 ribu, tapi di sini tetap jualan dengan harga Rp120 ribu,” kata Yayat.

Dengan kondisi tersebut, dirinya terpaksa hanya mendapat untung yang sangat tipis. Dirinya memilih menjual dengan harga normal ketimbang harus kehilangan para pelanggannya.

Saat ini harga daging sapi yang dijual perkilogramnya berkisar Rp 120-125 ribu. Untuk harga sengkel paha Rp 120 ribu per kilogram, paha belakang dan sirloin seharga Rp125 ribu per kilogram dan daging khas dalam seharga Rp 150 ribu rupiah per kilogram. Sementara untuk harga tulang Rp 90 ribu per kilogram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan