Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Anda Divaksin COVID-19

“Untuk penyakit jantung bawaan petunjuk teknis belum diberikan. Jadi orang dengan diabetes, perlu penilaian. Secara teori vaksin tidak menyebabkan gangguan sistem tubuh kita, tidak bikin sakit COVID-19, harusnya aman. Tentu semua ingin seaman mungkin. Jadi kalau ada kelainan khusus diabetes, hipertensi, gagal jantung biarkan evaluasi individu, orang per orang,” tutur dia.

Khusus untuk ibu hamil dan menyusui, dalam kesempatan terpisah, dokter yang juga Ketua Tim Peneliti dari Health Collaborative Center (HCC), Ray W. Basrowi menyarankan, sementara ini mereka tidak diikutsertakan dalam daftar penerima vaksin seperti anjuran dari satgas COVID-19.

“Penelitian klinis di Indonesia dan luar negeri belum ada. Jadi belum tahu aman atau tidak. Saat ini kita ikuti saran pemerintah (tidak menyertakan ibu hamil sebagai calon penerima vaksin),” kata dia dalam sebuah diskusi bersama media secara daring belum lama ini.

Ray mengatakan, ibu hamil memiliki sistem daya tahan tubuh yang sangat reaktif dan responsif sehingga dikhawatirkan ada mekansisme umpan balik yang tidak menguntungkan dan berisiko pada ibu hamil dan janinnya usai diberi vaksin.

Terkait efek samping vaksin, khususnya Sinovac sementara ini baru dilaporkan sebatas nyeri atau kemerahan di kulit. Vaksin ini merangsang respon di tubuh sehingga terbentuk antibodi tanpa membuat orang menjadi sakit COVID-19. (antaranews)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan