Program Vaksinisasi Gratis untuk Masyarakat Harus Segera Terealisasi

KBB – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat diminta secepatnya bisa melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat usai sebelumnya memvaksinasi Forkopimda

Seabab, masyarakat juga menjadi pihak yang rentan terpapar Covid-19 mengingat aktivitas dan mobilitasnya dalam menjalankan roda perekonomian sehari-hari.

“Pemerintah harus cepat menyuntikkan vaksin Covid-19 ke masyarakat agar penyebaran virusnya benar-benar bisa ditekan,” kata anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Dadan Supardan, Jumat (15/1).

Politisi Partai Golkar ini sangat berharap skema program vaksinasi gratis di KBB mampu menyentuh warga masyarakat secara keseluruhan.

“Paling tidak diprioritaskan bagi masyarakat yang belum berkecukupan secara ekonomi atau masyarakat kategori kurang mampu,” tegasnya.

Dirinya setuju bahwa unsur Forkopimda dan tokoh agama harus jadi yang terdepan divaksin untuk memberikan bukti ke masyarakat bahwa vaksin Covid-19 aman.

“Tentu harus ada tokoh dulu untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Serta baik untuk kekebalan tubuh dan halal dalam pandangan agama,” katanya.

Namun, lanjut dia, jika program vaksinasi dengan menggunakan skema berbayar dilakukan, itu sangat tidak menjamin negara ini bisa cepat terbebas dari pandemi. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat sedang kurang baik terimbas Covid-19.

“Pemerintah daerah perlu melakukan refocusing anggaran kembali dengan menunda pembangunan, hibah, dan bansos dari APBD, dialihkan untuk program vaksinasi non berbayar bagi seluruh masyarakat KBB,” jelasnya.

Jika masih belum cukup maka pemerintah perlu melakukan gerakan gotong royong dengan mengajak para pejabat, pengusaha yang berusaha di Bandung Barat untuk ikut menyukseskan program vaksinasi non berbayar bagi seluruh warga masyarakat.

“Harapannya program vaksinasi bisa selesai di 2021, sehingga 2022 fokus kepada mendorong bagaimana ekonomi masyarakat kuat, baik, dan stabil,” pungkasnya. (wis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan