Simbol Alamo

TRUMP pernah memarahi menantunya: “bisa-bisa kelak saya kalah gara-gara ini”.

Trump yang dimaksud adalah Presiden Amerika Donald Trump.

Menantunya yang dimaksud adalah Jared Kushner, suami Ivanka.

“Gara-gara ini” yang dimaksud adalah “tes Covid-19”.

Trump, seperti disiarkan media di AS, memang pernah minta ke menantunya itu agar jangan terlalu agresif melakukan tes Covid.

Trump mengangkat menantunya itu sebagai penasihat utamanya. Menurut Trump, tingginya angka Covid di Amerika hanya akibat terlalu banyak yang menjalani tes.

Itu sangat merugikannya. Nama Trump jatuh. Jadi bulan-bulanan, berbulan-bulan. Sampai kemarin penderita Covid di sana mencapai hampir 25 juta orang.

“Kenapa tidak seperti Meksiko saja,” sergah Trump ke menantunya itu. Menurut Trump angka di Meksiko jauh lebih kecil dari Amerika karena yang dites sedikit. Pun beberapa negara lain.

Politik memang tidak suka keterbukaan. Di politik harus banyak yang disembunyikan. Kebohongan harus dibungkus –kadang harus dibungkus dengan kebohongan yang lebih besar.

Dan Trump kalah.

Mungkin ia sudah lupa kalau pernah memarahi menantunya. Kini terlalu banyak tekanan yang datang. Termasuk dari partainya sendiri. Tinggal keluarga intinya yang masih utuh. Pejabat ring satunya pun sudah banyak yang mundur.

Tapi dengan Wakil Presiden Mike Pence terlihat sudah wawuhan. Mereka terlihat bertemu di Gedung Putih setelah 5 hari jotakan.

Pence sempat dianggap pengkhianat. Itu karena ia tidak mau membalikkan hasil Pilpres. Yakni saat Pence memimpin sidang Kongres untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden.

Kini, di sisa 7 hari masa jabatannya itu, tidak ada lagi yang bisa diperbuat. Trump tidak bisa lagi mengubah keadaan.

Kecuali terjadi kekacauan.

Itu pernah dibuat tanggal 6 Januari lalu: menduduki Gedung Kongres, Capitol. Yakni setelah ia berpidato di depan ribuan pendukungnya ­–menyerukan agar mereka menuju Capitol.

Pendudukannya berhasil.

Misinya gagal.

Bahkan banyak yang kemudian ditangkap. Sudah lebih 300 orang. Termasuk 80 orang dengan tuduhan serius: terorisme.

Dasar penangkapan: foto-foto yang mereka unggah sendiri ke medsos. Ada yang sedang terlihat duduk di kursi pimpinan DPR. Sambil meneriakkan kemenangan Trump.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan