Profil dr Ribka Tjiptaning, Dikecam Hingga Dibela Oposisi

Jakarta – Media sosial dihebohkan dengan pemberitaan Ribka Tjiptaning yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, yang berasal dari Fraksi PDIP.

Ribka juga dikenal karena buku autobiografinya yang berjudul ‘Aku Bangga Jadi Anak PKI’. Sempat dikecam karena buku itu hingga ia diangkat menjadi anggota DPR RI. Namun kontroversi itu sedikit demi sedikit mulai memudar beralih dengan kontroversi pernyataan tegasnya menolak vaksin di masa pandemi saat ini.

Pernyataan itu menuai banyak reaksi, terutama orang-orang yang berada di kubu pemerintahan dan kubu oposisi. Pernyataannya yang tegas dan mendasar cukup banyak dilirik oleh berbagai kalangan.

Ada yang menganggap pendapatnya tentang vaksin Sinovac tidak mengindahkan program vaksinasi yang sedang giat dijalankan pemerintah, adapun yang menganggap pernyataan yang disampaikannya cukup logis ketika melihat kurangnya transparansi pemerintah mengenai jenis vaksin yang berasal dari negeri tirai bambu itu.

Pasalnya, dalam rapat Kerja Komisi IX DPR RI dengan Menteri Kesehatan RI, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Bio Farma, Ribka dengan tegas menolak vaksinasi Covid-19 hingga menyebut vaksin yang diimpor pemerintah dari China, yaitu Sinovac tidak layak untuk disuntikan kepada masyarakat Indonesia.

Seperti yang dikutip dari laman resmi DPR RI, berikut profil Ribka Tjiptaning Proletariyati :

Dr. Ribka Tjiptaning Proletariyati merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, yang berasal dari daerah pemilihan Jawa Barat IV.

Ribka Tjiptaning Proletariyati, lahir di Yogyakarta pada 1 Juli 1959.

Menyelesaikan pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SD Kuningan Timur Pagi II pada tahun 1965-1971. Selanjutnya, melanjutkan SMP di SMP Dharma Satria tahun 1971-1974.

Ribka Tjiptaning Proletariyati melanjutkan SMA di SMAN XIV Jakarta pada tahun 1974-1977.

Lalu melanjutkan ke jenjang sarjana di Universitas Kristen Indonesia dengan jurusan kedokteran pada tahun 1978-2002.

Selesai menempuh pendidikan S1, Ribka Tjiptaning Proletariyati melanjutkan studi master di Universitas Indonesia (UI) dengan jurusan Ahli Asuransi Kesehatan pada tahun 2021.

Ribka Tjiptaning Proletariyati memulai karirnya sebagai dokter di beberapa klinik pada tahun 1991.

Klinik tempat Ribka Tjiptaning Proletariyati berpraktik yaitu Klinik Partuha Ciledug, Karya Bakti Kalibata, RS. Tugu Ibu Cimanggis, dan Klinik Waluya Sejati Abadi Ciledug.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan