Berburu Jadwal Vaksin, Pejabat Dulu, Baru Masyarakat Umum

BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang menerima dosis vaksin Covid-19. Selain Jokowi, ada nama Ketua Umum IDI Daeng M Faqih, Sekretaris Jenderal MUI sekaligus perwakilan Muhammadiyah Amirsyah Tambunan, Rais Syuriah PBNU Ahmad Ishomuddin. Selanjutnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan artis Raffi Ahmad.

Setelah pejabat dan tokoh menerima vaksin, kapan giliran masyarakat pada umumnya?. Hal itu disampaikan oleh Rizal Sunandar,27, warga asal Rancaekek Kabupaten Bandung yang sudah tak sabar untuk mendapatkan jadwal untuk divaksin.

Bahkan, dirinya secara tegas bersedia divaksin setelah mengetahui dampak pemimpin negara yang sudah divaksin secara perdana.

Menurutnya, pemimpin wajib menjadi contoh untuk masyarakatnya. Bukan hanya dari segi tauladan, melainkan dari vaksin pun harus pertama dan terdepan.

“Ya nanti lihat dulu saja pemimpin kita. Kalau baik InsyaAllah saya pun akan ikut divaksin,” kata Rizal saat ditemui di kediamannya, Rabu (13/1).

Ia mengaku, sebelumnya takut untuk divaksin. Sebab vaksin tersebut merupakan yang pertama di dunia. Terlebih banyak juga dalam berita yang sudah divaksin terpapar Covid-19. “Iya pokoknya siap divaksin, kalau pemimpinnya sudah divaksin dan kebal Covid-19,” sebutnya.

Dirinya juga berharap agar program vaksinasi bisa bergulir dengan cepat lantaran saat ini masyarakat sudah menunggu. “Harapan kami jadwal untuk vaksinasi bisa lebih cepat agar masyarakat juga bisa tenang. Kita kan gak tahu kapan dapat giliran,” paparnya.

Khusus di wilayah Jabar, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung telah mempersiapkan fasilitas untuk vaksinasi Covid-19 terhadap 21 orang pejabat publik di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar yang akan dilakukan pada Kamis (14/1).

Adapun ke-21 orang tersebut di antaranya Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri, kemudian dari unsur tokoh masyarakat PBNU, Muhammadiyah serta dari organisasi profesi IDI serta tokoh masyarakat.

“Besok (hari ini) pada 14 Januari akan diadakan kick off vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang akan diikuti kurang lebih 21 orang Pejabat Pemprov Jabar,” kata Kepala Bidang Pelayanan Medik RSHS, Zulvayanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan