Manfaatkan Lahan Kosong, Warga RW 2 Panyileukan Ciptakan Taman Kebun SAE

BANDUNG – Sejumlah lahan kosong di sekitaran Jl. Raya Panyileukan RW 2, dimanfaatkan warga setempat untuk dijadikan perkebunan yang dipenuhi berbagai jenis sayuran, salah satu yang telah dibuat yaitu taman kebun Serasi, Alami, Ekonomis (SAE).

Hal ini menjadi cukup unik karena lahan kosong yang tidak terawat biasanya dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) liar, apalagi jika lahan tersebut terdapat di jalan utama.

Namun tidak dengan masyarakat sekitar Jl. Raya Panyileukan itu, mereka menyulap sebuah lahan kosong menjadi sebuah perkebunan yang estetik.

“Ini merupakan muka atau perwajahan RW 2 kami sehingga kami ingin kawasan ini terlihat enak dipandang,” kata Dadang Zaenal (43), ketua kelompok SAE Ceria, Rabu (13/01).

Zaenal mengatakan, taman atau perkebunan ini juga merupakan program dari pemerintah Kota (Wali Kota) serta DISPANGTAN Kota Bandung. Selain taman di sekitar RW 2, sebenarnya ada banyak lagi tempat yang sudah dimanfaatkan dengan baik, namun dengan ukuran lahan yang berbeda-beda.

“Ini program dari Wali Kota yang seluruh bibit didapat dari DISPANGTAN termasuk ikan lele, dan ayam petelur, dan kebetulan kami memiliki lahan atau tanah kosong yang bisa kami manfaatkan,” ujarnya.

Dari mulai menggarap lahan, menanam benih, panen hingga mengelola hasil panen, Semua hal tersebut dilakukan bersama-sama oleh masyarakat di sekitar RW 2, Panyileukan. Zaenal berharap kebun tersebut dapat termanfaatkan dengan baik dari hasil panen dan masyarakat itu sendiri. (mg13)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan