Berupaya Tingkatkan Daya Literasi Anak-Anak Kota Bandung, Komunitas Cahaya Sokoguru Lakukan Audiensi dengan Walikota Bandung

BANDUNG – Walikota Bandung beserta jajarannya menerima kunjungan audiensi dari komunitas Cahaya Sokoguru yang dilakukan di rumah dinas Walikota, Pendopo Bandung, Senin (4/1) siang.

Audiensi tersebut dilakukan dalam rangka upaya Komunitas Cahaya Sokoguru untuk meningkatkan daya literasi membaca di kalangan anak-anak Kota Bandung.

“Kami ingin berdampingan dengan pemerintah untuk menjadi pilar di bangsa ini agar menjadi bangsa yang sukses dan berhasil,” ujar Sahat, Ketua komunitas Cahaya Sokoguru, ketika ditemui Jabar Ekspress di Pendopo.

Beberapa kegiatan komunitas yang dilakukan adalah melakukan nobar (nonton bareng) film bersama anak-anak, tetapi bukan hanya untuk menonton saja, melainkan juga menilai dan melihat makna dari film tersebut.

Terkait dengan langkah yang dilakukan oleh Cahaya Sokoguru untuk melakukan pertemuan dengan Pemkot ini, Walikota Bandung meberikan apresiasinya.

Walikota menilai bahwa keberhasilan meningkatkan daya literasi di kalangan anak-anak harus melalui kolaborasi secara bersama.

“Tidak ada keberhasilan secara parsial, harus dengan melalui kolaborasi secara bersama,” ujar Walikota Bandung, Oded M. Danial.

Dia juga meminta kepada Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, Lusi Lesnimingwati, untuk mendiskusikan lagi perihal kerja sama dari komunitas tersebut.

“Saya minta untuk didiskusikan kembali hal ini dan leadingnya ibu Yusi saya minta,” ucapnya.

Sementara itu, kepala bagian kerja sama Sekda Kota Bandung, Dudy Prayudi, akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai dengan aturan Permendagri No.22 tahun 2020, tentang tata cara kerja sama dengan pihak ketiga.

“Sesuai dengan Permendagri untuk melakukan kerja sama dengan pihak lain, kita harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Dudy.

Cahaya Sokoguru merupakan komunitas yang bergerak pada bidang sosial untuk mesejahterakan masyarakat, terutama dalam hal membaca.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh komunitas tersebut meliputi pelayanan anak jalanan, rumah singgah, pelatihan skilfull, dan potong rambut gratis.

Untuk tahun 2021 ini, beberapa kegiatan akan dilakukan meliputi kegiatan harian, bulanan, dan event. Semuanya dilakukan untuk meningkatkan literasi baca anak-anak di Kota Bandung. (mg5/mg6/mg12)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan