Selangkah Lagi Kota Cimahi Raih Universal Health Coverage

CIMAHI –  Saat ini Kota Cimahi sedang bersiap untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mereka.  Kota dengan jumlah penduduk sebanyak 555.966 jiwa ini mencanangkan target untuk mencatatkan dirinya sebagai wilayah yang berhasil meraih capaian kesehatan semesta di Jawa Barat pada tahun 2021 mendatang.

Menjelang pencapaian tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Sri Wahyuningsih bersama Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Penduduk Kota Cimahi Dalam Rangka Universal Health Coverage.

Bertempat di Kantor Walikota Cimahi, Selasa (29/12), penandatanganan tersebut turut disaksikan jajaran BPJS Kesehatan Cabang Cimahi beserta beberapa perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Ditemui seusai penandatanganan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas komitmen UHC Kota Cimahi saat ini.

“Puji syukur Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar. Apa yang telah kita raih saat ini merupakan buah kerja keras seluruh pihak sehingga UHC Kota Cimahi yang sudah di depan mata, selangkah lagi bisa segera terealisasi dalam waktu dekat. Dalam perjalanan kedepannya, kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Selain karena menyatukan pemahaman dan visi misi, hal tersebut penting untuk tetap menjaga komitmen para pihak. Hal tersebut menjadi modal penting kami untuk sama-sama meraih tujuan,” ujar Sri.

Lebih lanjut, Sri turut menyebutkan capaian sementara jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS saat penandatanganan hari ini telah mencapai 522.065 jiwa atau 93,90 persen penduduk yang ter-cover JKN-KIS. Menurutnya, angka ini belum final karena akan terus bertambah sesuai update terbaru hingga tahun 2021 nanti. Lewat capaian ini, bersama Pemerintah Kota Cimahi Sri berharap agar pemerataan kesejahteraan khususnya di bidang jaminan kesehatan semakin meningkat dan dapat dirasakan nyata oleh seluruh masyarakat.

“Hari ini kita melakasanakan kegiatan, yaitu penandatanganan kerja sama antara BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dengan Pemerintah Kota Cimahi. Pada hari penandatanganan kerja sama itu ada tambahan hampir sekitar 5.000-an peserta baru, sehingga jumlah warga Cimahi yang sudah ter-cover BPJS sekarang mencapai 93,90%. Mudah-mudahan nanti sisanya yang 6,10% bisa tercapai secepatnya, sehingga masyarakat bisa memiliki kartu BPJS secara keseluruhan,” ujar Plt. Walikota Cimahi, Ngatiyana dalam keterangannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan